Cara Isi Token Listrik Tanpa Tekan Meteran, Apakah Bisa? Ini Penjelasannya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
16 November 2023 11:34 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tokon listrik. Foto: iStock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tokon listrik. Foto: iStock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bagaimana cara isi token listrik tanpa tekan meteran listrik? Layanan listrik prabayar dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus mengalami peningkatan dalam memenuhi kebutuhan listrik harian, salah satunya dengan inovasi pengisian token listrik secara online.
ADVERTISEMENT
Cara penggunaan listrik prabayar memang berbeda daripada layanan listrik pascabayar. Pasalnya, pengguna perlu melakukan pembelian token atau pulsa listrik terlebih dahulu.
Setelah membeli token listrik, pengguna akan menerima kode voucher berupa 20 digit angka. Nantinya, kode tersebut dapat dimasukkan secara manual ke dalam meteran listrik.
Namun, apakah ada cara isi token listrik tanpa perlu tekan meteran listrik? Berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Isi Token Listrik Tanpa Tekan Meteran

Ilustrasi token listrik. Foto: iStock
Berdasarkan informasi terkini yang dihimpun dari PLN, belum ada cara isi token listrik tanpa tekan meteran listrik yang bisa dilakukan.
Sebelumnya, PLN sempat memperkenalkan uji coba Meter Listrik Pintar Komunikasi Dua Arah (MLPKDA) untuk pengguna listrik prabayar di atas 2.200 VA.
ADVERTISEMENT
Dalam proyek tersebut, pengisian token listrik secara manual tidak lagi diperlukan. Pengguna hanya perlu mendaftarkan nomor ponsel mereka ke PLN saat melakukan pemasangan listrik baru. Nantinya, nomor ponsel pengguna akan terhubung langsung ke meteran listrik.
Ketika listrik mulai berkurang, pengguna cukup menyebutkan nomor ponsel yang terdaftar ke PLN dan membayar biaya token listrik sesuai kebutuhan. Selanjutnya, jumlah kWh meteran listrik otomatis akan terisi tanpa perlu memasukkan kode secara manual.
Sayangnya, sistem ini masih dalam tahap uji coba dan belum dipastikan kapan akan dioperasikan secara luas untuk rumah tangga.
Meski begitu, pengguna PLN prabayar saat ini bisa melakukan pengisian token listrik secara online melalui aplikasi PLN Mobile. Berikut langkah-langkahnya:

1. Cara Beli Token Listrik Lewat PLN Mobile

ADVERTISEMENT

2. Cara Isi Token Listrik Lewat Meteran

(SFR)