Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Komponen Penyusunnya

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
14 Oktober 2021 17:31
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Komponen Penyusunnya (43523)
searchPerbesar
Ilustrasi PLTU. Foto: Dok. PLN
Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) adalah bagian dari pembangkit istrik yang menjadi jantung kegiatan industri. Umumnya, bahan bakar PLTU terdiri dari batu bara yang disiapkan kualifikasinya terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Batu bara ini nantinya dimanfaatkan untuk memanaskan boiler (ketel) yang berisi air. Selanjutnya, uap yang dihasilkan dari boiler itu dialirkan ke turbin dan dihasilkan listrik untuk disalurkan kepada masyarakat.
Di Indonesia, PLTU masih menjadi jenis pembangkit yang dominan. Ini karena Indonesia merupakan salah satu produsen batubara terbesar di dunia. Bagaimana cara kerja PLTU dan apa saja komponen penyusunnya? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut.

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

Sebelum membahas cara kerja pembangkit listrik tenaga uap, perlu dipahami komponen penyusunnya terlebih dahulu. Mengutip buku Buku Ajar: Energi dan Operasi Tenaga Listrik oleh Hestikah Eirene, dkk., umumnya PLTU memiliki komponen utama sebagai berikut:
Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Komponen Penyusunnya (43524)
searchPerbesar
Salah satu PLTU milik PLN yang menggunakan batu bara sebagai energi primer. Foto: PLN
  • Boiler/ketel uap berfungsi sebagai tempat pemanasan air menjadi uap air yang bertekanan untuk selanjutnya memutar turbin uap.
  • Turbin ialah mesin yang dijalankan oleh aliran air. Turbin uap ialah turbin yang menggunakan uap sebagai fluida kerja, di mana uap yang digunakan dihasilkan dari boiler.
  • Generator uap ialah suatu kombinasi antara sistem-sistem dan peralatan yang dipakai untuk perubahan energi kimia dari bahan bakar fosil menjadi energi termal. Biasanya, air dipakai pada proses-proses bertemperatur tinggi untuk diubah menjadi energi mekanis di dalam sebuah turbin.
  • Kondensor adalah tempat yang berfungsi untuk mengembunkan uap dengan jalan mendinginkannya. Air pengembunan yang terjadi dalam kondensor disebut air kondensat yang kemudian disalurkan kembali ke dalam ketel uap dengan menggunakan sebuah pompa.
  • Pompa berfungsi untuk mengalirkan air dari kondensor menuju ke boiler.
  • Ceborong, berfungsi sebagai tempat pelepasan uap terbuang ke udara.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Pembangkitan Energi Listrik oleh Djiteng Marsudi, cara kerja pembangkit tenaga listrik dimulai dengan air yang dipanasi dalam boiler. Lalu, air tersebut dimasukkan ke dalam daerator untuk menghilangkan oksigen.
Selanjutnya, air ini dipompa oleh boiler feed water pump dan masuk ke dalam economizer. Air ini dialirkan ke pipa untuk dipanaskan pada tube boiler.
Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Komponen Penyusunnya (43525)
searchPerbesar
Ilustrasi PLTU. Foto: AFP/ BAY ISMOYO
Pada bagian ini, air dipanasi hingga menghasilkan uap air. Kemudian, uap air dikumpulkan kembali pada steam drum, dipanaskan lebih lanjut pada superheater untuk menjadi uap kering bertekanan tinggi. Selanjutnya, uap ini digunakan untuk menggerakkan turbin.
Hasil dari putaran poros turbin kemudian memutar poros generator yang dihubungkan dengan coupling. Dari putaran ini barulah dihasilkan energi listrik.
ADVERTISEMENT
Energi listrik yang dihasilkan dari generator kemudian disalurkan dan didistribusikan lebih lanjut ke pelanggan. Uap bebas dari turbin selanjutnya dikondensasikan dari kondensor.
Bersama air dari make up water pump, uap ini dipompa lagi oleh pompa kondensat masuk ke pemanas tekanan rendah, daerator, boiler feed water pump, pemanas tekanan tinggi, economizer, dan akhirnya menuju boiler untuk dipanaskan menjadi uap lagi. Proses ini akan terjadi berulang-ulang.
(MSD)
Apa itu PLTU?
chevron-down
Apa keunggulan PLTU dibanding pembangkit listrik lainnya?
chevron-down
Apa kekurangan PLTU?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020