Cara Memakai Serum yang Benar demi Hasil Optimal

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
3 Oktober 2022 15:01
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Memakai Serum yang Benar. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Memakai Serum yang Benar. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang cerah, sehat dan bebas dari jerawat. Salah satu produk skincare yang menjanjikan hal tersebut adalah serum. Cara memakai serum yang benar perlu diketahui agar mendapatkan hasil optimal.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku A-Z tentang Kosmetik karya Dewi Muliyawan dan Neti, serum adalah larutan yang terbuat dari campuran vitamin dan zat aktif lainnya dalam emulsi. Serum lebih efektif meresap ke dalam kulit dibanding pelembap atau krim wajah biasa.
Serum memiliki banyak manfaat, seperti membuat kulit lebih kenyal dan kencang, menyamarkan kerutan, menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah, mencegah penuaan dini, serta menghilangkan noda-noda hitam pada wajah.
Serum wajah terdiri dari beberapa jenis, tergantung kebutuhan masing-masing kulit. Sebagai contoh, serum dengan kandungan vitamin C berkhasiat untuk memperlambat proses penuaan. Sementara itu, serum yang mengandung vitamin E cocok untuk melembabkan dan melindungi kulit dari polusi lingkungan.
Lantas, bagaimana cara memakai serum yang benar? Simak penjelasannya dalam ulasan berikut ini.
ADVERTISEMENT

Cara Memakai Serum yang Benar

Ilustrasi Produk Kesehatan Kulit. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Produk Kesehatan Kulit. Foto: Pexels
Manfaat serum wajah akan terlihat bila digunakan dengan cara yang benar. Dihimpun dari buku Cantik Alami ala Wanita Jepang, Korea, dan Eropa karya Lisa Rossalia, berikut cara memakai serum yang benar untuk hasil optimal.

1. Bersihkan wajah

Bahan aktif yang terkandung dalam serum dapat terserap sempurna jika wajah dalam keadaan bersih. Maka dari itu, sebelum menggunakan serum, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat.
Air hangat bermanfaat untuk melembabkan kulit dan membuka pori-pori, sehingga serum lebih mudah terserap saat diaplikasikan. Setelah itu, pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal pada wajah.
Keringkan wajah menggunakan handuk khusus muka atau tisu dengan cara ditepuk-tepuk, kemudian tunggu sekitar satu menit sebelum beralih ke langkah berikutnya.
ADVERTISEMENT

2. Gunakan toner wajah

Penggunaan serum sangat disarankan ketika kulit sedang dalam keadaan lembab, karena daya serapnya menjadi 10 kali lebih baik daripada kulit kering. Untuk menjaga kelembaban, gunakan beberapa tetes produk toner pada wajah.
Pilih toner wajah yang cair dan bebas alkohol, lalu oleskan ke seluruh wajah secara merata. Perhatikan garis rambut, dagu, pipi, hidung hingga leher. Tunggu sekitar 1-2 menit hingga toner menyerap dan tidak terlalu basah.

3. Teteskan serum wajah

Sebagian orang berpikir bahwa serum yang diaplikasikan pada wajah harus dalam jumlah banyak agar hasilnya maksimal. Sebenarnya, tindakan tersebut salah dan hanya membuang-buang serum.
Kandungan zat aktif dalam serum sangat terkonsentrasi, sehingga 2-3 tetes serum saja sudah cukup untuk diaplikasikan secara merata ke seluruh wajah. Teteskan serum langsung pada titik sekitar wajah untuk mencegah kontaminasi.
ADVERTISEMENT

4. Tepuk dan pijat wajah untuk meratakan serum

Setelah meneteskan cairan serum, tekan sedikit telapak tangan ke kulit wajah dan tepuk serum dengan gerakan ke luar dan ke atas secara merata. Langkah ini dilakukan agar bahan aktif dalam serum dapat terurai dan menyerap ke dalam kulit.
Selanjutnya, diamkan wajah selama beberapa menit sehingga proses penyerapan dapat berlangsung efektif. Serum wajah yang baik biasanya akan menyerap dalam waktu cepat. Jika serum meninggalkan residu lengket atau berminyak pada wajah, kemungkinan serum tersebut tidak bekerja secara efektif.

5. Lanjutkan dengan produk skincare lain

Setelah serum menyerap ke dalam kulit wajah, lanjutkan dengan pengaplikasian skincare lain. Segera oleskan moisturizer, krim mata, dan produk-produk lain dalam rangkaian perawatan wajah.
Jika proses ini dilakukan pada pagi hari, jangan lupa untuk memakai tabir surya dengan SPF pada tahap akhir. Tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Dengan begitu, serum dan skincare lain akan bekerja secara optimal sepanjang hari.
ADVERTISEMENT
Apa yang dimaksud dengan serum wajah?
chevron-down
Apa manfaat serum?
chevron-down
Tabir surya gunanya untuk apa?
chevron-down
(AAA)