Konten dari Pengguna

Ciri-Ciri Air Bersih dan Sumbernya yang Perlu Diketahui

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
8 Maret 2022 8:32 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Ciri-Ciri Air Bersih. Foto: pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ciri-Ciri Air Bersih. Foto: pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Air bersih adalah komponen yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Air bersih digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti makan minum, mandi, mencuci, memasak, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Merujuk pada buku Kesehatan Lingkungan, air bersih merupakan air yang digunakan untuk keperluan sanitasi dalam menjaga dan memelihara kebersihan perorangan. Air bersih memiliki kualitas yang berbeda dengan air minum, namun juga dapat digunakan sebagai bahan baku air minum.
Pada dasarnya, air bersih sangat mudah ditemukan karena telah tersedia dari air permukaan dan air tanah. Namun, saat ini banyak air yang telah terkontaminasi senyawa kimia, fisika, dan biologi dari limbah pabrik atau hal lain. Karenanya, penting untuk memperhatikan kebersihan air yang akan digunakan.
Ilustrasi Ciri-Ciri Air Bersih. Foto: pixabay.com

Ciri-Ciri Air Bersih

Seseorang perlu mengetahui ciri-ciri air bersih agar terhindar dari air yang telah terkontaminasi dan mengandung bakteri membahayakan. Berikut ciri-ciri air bersih yang dikutip dari buku Pend Lingk & Budaya Jkt SD 4 oleh Mulyadi, dkk.
ADVERTISEMENT
1. Tidak berwarna
Tidak berwarna maksudnya adalah air harus jernih. Air yang keruh atau berwarna merupakan air yang kotor dan tidak sehat. Maka dari itu, disarankan untuk menghindari penggunaan air sungai untuk kehidupan sehari-hari. Air yang kotor dapat menyebabkan penyakit dalam tubuh manusia.
2. Tidak berbau
Air bersih seharusnya tidak memiliki bau apapun bila dicium. Namun, saat ini ada beberapa kasus di mana air sumur atau air tanah berbau yang ternyata berasal dari limbah pabrik. Air yang berbau adalah pertanda bahwa air telah tercemar dan tidak baik untuk digunakan.
3. Tidak berasa
Air bersih adalah air yang rasanya tawar jika diminum. Pada beberapa tempat yang dekat dengan pantai, air sumur atau air tanahnya akan terasa asin. Ini tidak termasuk air bersih dan harus dihindari penggunaannya.
Ilustrasi Ciri-Ciri Air Bersih. Foto: pixabay.com

Sumber Air Bersih

Sumber air bersih atau tempat air alami dan buatan berasal dapat ada di atas ataupun di bawah permukaan tanah. Berikut macam-macam sumber air bersih yang disadur dari buku Kesehatan Lingkungan.
ADVERTISEMENT
1. Air angkasa/air hujan
Air angkasa berasal dari proses presipitasi awan atau atmosfer yang mengandung air. Pemanfaatan air hujan biasanya dilakukan dengan cara menampungnya di bendungan atau tandon terlebih dahulu.
2. Air permukaan
Air permukaan merupakan air hujan atau mata air yang mengalir di permukaan bumi. Air permukaan pada dasarnya telah mengalami kontaminasi dari berbagai zat pencemar yang berbahaya, sehingga perlu dilakukan pengolahan terlebih dahulu sebelum digunakan. Zat kontaminan air permukaan biasanya adalah limbah industri atau pertanian.
3. Air tanah
Air tanah berasal dari air hujan yang jatuh ke permukaan bumi yang kemudian diserap oleh tanah dan terjadi proses filtrasi secara ilmiah.
(DND)