Entertainment
·
25 Februari 2021 11:01

Contoh Alat Musik Melodis Beserta Fungsi dan Jenisnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Contoh Alat Musik Melodis Beserta Fungsi dan Jenisnya (87247)
Gitar merupakan contoh alat musik melodis Foto: Derek Truninger on Unsplash
Musik kerap dijadikan sebagian orang sebagai pilihan hiburan. Karena hal tersebut, kini banyak bermunculan aplikasi musik yang memudahkan pengguna untuk mendengarkan lagu-lagu yang disuka kapan dan di mana saja.
ADVERTISEMENT
Menurut KBBI, musik merupakan nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan. Selain itu, musik juga merupakan ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan serta kesinambungan.
Dalam buku Mengenal Alat-Alat Musik Dunia karya Fika Hidayani, Alatmusik adalah suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik dan bidang ilmu yang mempelajari alat musik disebut organologi.
Berdasarkan fungsinya, alat musik terbagi ke dalam tiga jenis, yakni ritmis, harmonis, dan melodis. Berikut ini adalah pembahasan lebih jauh mengenai alat musik melodis.

Pengertian Musik Melodis, Fungsi, dan Jenis

Diambil dari kata melodi, musik melodis menurut KBBI merupakan susunan rangkaian tiga nada atau lebih dalam musik yang terdengar berurutan secara logis serta berirama dan mengungkapkan suatu gagasan. Sedangkan dikutip dari buku Seni Budaya dan Keterampilan oleh Drs. Sri Murtono, M.Pd. dkk., melodi memiliki arti sebuah rangkaian nada-nada.
ADVERTISEMENT
Melodi punya peran penting untuk mengatur nada dalam sebuah lagu. Akan terasa kurang dan tidak utuh jika dalam sebuah instrumen musik tidak disertakan alat musik melodis.
Berdasarkan cara memainkannya, alat musik melodis terbagi ke dalam beberapa macam, yaitu yang dimainkan dengan ditiup, ditekan, digesek, dipetik, dan dihisap.

Contoh Alat Musik Melodis

  • Piano
Dalam buku Mengenal Alat-Alat Musik Dunia karya Fika Hidayani, piano berasal dari Bahasa Italia pianoforte. Piano pertama kali dibuat Bartolomeo Cristofori pada tahun 1720.
Piano merupakan alat musik melodis yang dimainkan dengan cara ditekan dengan jari-jari tangan. Piano sendiri terbagi menjadi tiga macam, yakni baby grand piano, grand piano, dan upright piano.
  • Gitar
Ini adalah alat musik melodis yang paling populer. Kehadiran gitar nyaris selalu ada dalam sebuah pertunjukkan musik. Gitar dimainkan dengan cara dipetik. Gitar juga terbagi ke dalam dua jenis, yakni gitar akustik dan gitar elektrik.
ADVERTISEMENT
  • Biola
Cara memainkan alat musik ini adalah dengan digesek. Biola memiliki empat senar dengan interval yang sempurna dan terdiri dari beberapa bagian seperti badan biola, leher biola, jembatan biola, senar dan papan jari.
Ada beberapa jenis biola yang perlu diketahui, yakni biola kecil, biola menengah, biola besar, dan biola bass.
  • Harmonika
Harmonika merupakan alat musik melodis yang bisa dimainkan dengan dua cara, yaitu ditiup dan dihisap. Kedua cara tersebut memiliki karakteristik nada yang berbeda. Butuh latihan intensif untuk bisa memainkan harmonika.
  • Seruling
Seruling merupakan alat musik melodis yang dimainkan dengan cara ditiup. Berbahan dasar bambu, seruling memiliki enam hingga tujuh lubang pada bagian batangnya yang menghasilkan nada berbeda-beda di setiap lubangnya.
ADVERTISEMENT
(PDN)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white