News
·
14 Juli 2021 8:00
·
waktu baca 2 menit

Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris (531190)
searchPerbesar
Ilustrasi melamar pekerjaan. Foto: iStock
Selain menyiapkan mental, seorang yang ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan juga perlu mempersiapkan sejumlah dokumen pendukung. Contohnya, curriculum vitae dan surat lamaran pekerjaan.
ADVERTISEMENT
Jika curriculum vitae berisi data pelamar, surat lamaran kerja berisi pernyataan bahwa si penulis memerlukan atau meminta pekerjaan dari pihak yang dituju. Fungsi surat lamaran pekerjaan adalah sebagai pengajuan atau permohonan kerja ke perusahaan secara resmi.
Dengan begitu, pengajuan kerja bisa diterima dan diproses sesuai dengan tahap rekrutmen perusahaan tersebut. Itu sebabnya, surat lamaran pekerjaan harus ditulis dengan kalimat yang formal dan sopan serta tidak bertele-tele agar mudah dipahami.
Mengutip buku Panduan Praktis Membuat Surat Lamaran Kerja & Curriculum Vitae oleh Paramitha Selviana Oktora (2007), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat surat lamaran pekerjaan agar menarik perhatian HRD.
Pertama, surat harus ditulis sesuai dengan aturan. Ini berkaitan dengan fisik surat, struktur surat, dan tampilan. Kedua, cara penulisan surat lamaran pekerjaan harus dilakukan dengan baik dan benar. Hal ini berkaitan dengan pilihan bahasa dan maksud yang ingin disampaikan dalam surat tersebut.
ADVERTISEMENT

Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan

Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris (531191)
searchPerbesar
Ilustrasi mengetik surat lamaran pekerjaan. Foto: Unsplash
Ada kalanya seseorang lancar ketika menulis surat lamaran pekerjaan, tetapi bingung bagaimana mengakhirinya dengan baik dan benar. Padahal, penutup surat menjadi salah satu bagian penting yang tak luput dari perhatian HRD.
Sebagai referensi, berikut beberapa contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
  • Atas segala perhatian dan kesempatan yang Bapak berikan, saya ucapkan terima kasih. Semoga dalam waktu dekat saya mendapat kabar baik dari Bapak.
  • Bersama dengan surat lamaran ini, saya sertakan CV dan beberapa dokumen yang bisa memperjelas mengenai latar belakang saya. Demikian surat lamaran ini, besar harapan saya agar lamaran ini dapat diterima. Atas perhatian Ibu saya ucapkan terima kasih.
  • Besar harapan saya atas terkabulnya permohonan ini dan saya siap menerima panggilan wawancara apabila diperlukan. Atas perhatian serta kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.
  • The enclosed resume will provide you with more details of my background. I would be very happy to have the opportunity to meet with you to discuss how my background and qualifications could be use to your company. Please feel free to contact me by phone or at the address above. Thank you in advance for your time and consideration.
  • The enclosed resume will provide you with more details of my background. I will be available for an interview at any time to further discuss about my qualifications and interest with your company.
  • I enclose my CV for your inspection and look forward to hearing from you soon. I am excited about meeting you for an interview at your earliest convenience to discuss how my credentials meet your needs. I can be reached at 0812345678 and will call you to follow up, as well, to make sure you received my application.
ADVERTISEMENT

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris (531192)
searchPerbesar
Ilustrasi surat lamaran kerja. Foto: iStock
Selain penutup, surat lamaran pekerjaan memiliki struktur lain yang tak boleh luput dari perhatian. Mengutip buku 15 Menit Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif oleh Redaksi Tangga Pustaka, umumnya surat lamaran dibagi menjadi tiga bagian, yaitu pembuka, isi dan uraian, dan penutup. Berikut penjelasan lengkapnya.
1. Pembuka
Bagian ini berisi penjelasan tentang bagaimana pelamar mengetahui adanya lowongan pekerjaan tersebut. Lalu, lengkapi juga dengan posisi apa yang hendak dilamar. Jangan lupa cantumkan keterangan bahwa pelamar memenuhi persyaratan dan kualifikasi yang diinginkan perusahaan.
2. Isi atau Uraian
Pada bagian ini, pelamar dapat menjelaskan kualifikasi yang dimiliki, seperti pengalaman, usia, pengalaman, dan informasi lainnya yang dapat menunjang posisi yang diinginkan.
ADVERTISEMENT
3. Penutup
Seperti yang telah dijelaskan dalam contoh, kalimat penutup surat lamaran pekerjaan berisi harapan pelamar mengenai proses selanjutnya. Bagian ini ditutup dengan ucapan terima kasih.
(ADS)