Mom
·
21 Juli 2021 17:00
·
waktu baca 2 menit

Contoh Pertanyaan Wawancara Mengenai Pertumbuhan dan Perkembangan Diri

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Contoh Pertanyaan Wawancara Mengenai Pertumbuhan dan Perkembangan Diri (39399)
searchPerbesar
Ilustrasi pertumbuhan dan perkembangan diri. Foto: Kids Get Knowledge
Sebagai makhluk hidup, manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan memiliki arti yang sangat penting bagi manusia. Sebab, dengan tumbuh dan berkembang, manusia dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan melestarikan keturunannya.
ADVERTISEMENT
Yang dimaksud dengan pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran yang sifatnya irreversible alias tidak dapat kembali ke asal. Misalnya, bertambah berat badan, tinggi badan, ukuran tangan dan kaki, dan sebagainya.
Sedangkan, perkembangan adalah perubahan menuju keadaan yang lebih dewasa. Contohnya, saat masih bayi manusia belum bisa berjalan, tapi seiring dengan pertambahan usia, manusia bisa berjalan, lompat, bahkan berlari.
Mengutip Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 3 SD terbitan Kemendikbud, pertumbuhan manusia terjadi sejak di dalam kandungan. Setelah lahir, pertumbuhan manusia bertambah besar dari bayi dan berhenti saat mencapai usia dewasa. Meski begitu, perkembangan emosi dan pikiran manusia terus berkembang.
Adapun tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan manusia adalah masa balita dan anak-anak, remaja, dewasa, dan masa tua (manula). Pada masa balita, pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi antara lain tumbuhnya gigi, bisa duduk, merangkak, hingga berdiri, serta memiliki keingin tahuan dan imajinasi yang tinggi.
ADVERTISEMENT
Memasuki masa remaja atau pubertas, terjadi perubahan dalan pertumbuhan dan kematangan kepribarian yang menjadi proses menuju kedewasaan. Mengutip buku IPA Terpadu oleh Diana Puspita dan IIp Rohima, masa pubertas pada perempuan biasanya terjadi pada usia 9-13 tahun, sedangkan pada laki-laki umumnya terjadi antara usia 10-14 tahun.
Pertumbuhan tinggi badan pada manusia berhenti saat menginjak masa dewasa. Namun, pada masa ini manusia sudah memiliki pemikiran yang lebih matang dan sadar akan tanggung jawab. Selanjutnya, pada masa tua, metabolisme tubuh berkurang, dan kinerja organ-organ tubuh pun menurun.

Pertanyaan Wawancara tentang Pertumbuhan dan Perkembangan

Contoh Pertanyaan Wawancara Mengenai Pertumbuhan dan Perkembangan Diri (39400)
searchPerbesar
Ilustrasi anak mengajukan pertanyaan wawancara mengenai pertumbuhan dan perkembangan diri. Foto: iStock
Pertumbuhan dan perkembangan yang dialami setiap anak berbeda-beda. Oleh sebab itu, orangtua wajib mengetahui sejauh apa pertumbuhan dan perkembangan sang anak.
ADVERTISEMENT
Namun, di samping itu, anak juga perlu mengetahui hal yang sama agar bisa memahami tentang dirinya lebih dalam lagi. Untuk mengetahuinya, anak dapat membuat pertanyaan wawancara tentang pertumbuhan dan perkembangan diri yang dialami. Berikut beberapa contoh pertanyaannya.
  • Berapa berat badanku saat lahir?
  • Berapa panjang badanku saat lahir?
  • Pada usia berapa aku bisa berbicara?
  • Apa kata pertama yang aku ucapkan?
  • Kapan pertama kali gigiku tumbuh?
  • Apa aku mengalami kesulitan saat merangkak?
  • Bagaimana perkembanganku dari mulai belajar jalan hingga bisa berjalan?
  • Bagaimana aku bisa makan sendiri?
  • Pada usia berapa aku bisa membedakan antara ibu dan ayah?
  • Pada usia berapa aku bisa membaca dan menulis?
(ADS)