Doa Awal Haid dan Larangan bagi Perempuan yang Menstruasi dalam Islam

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
14 Januari 2022 14:39
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Doa Awal Haid. Foto: pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Doa Awal Haid. Foto: pixabay.com
ADVERTISEMENT
Haid merupakan fase yang pasti dialami oleh kaum hawa yang telah baligh. Dalam Islam, perempuan yang sedang datang bulan tidak boleh melaksanakan sejumlah ibadah.
ADVERTISEMENT
Mengutip laman NU Online, secara terminologi haid dapat didefinisikan sebagai darah yang keluar dari farji (kemaluan) seorang perempuan setelah umur sembilan tahun dengan sehat (tidak dalam keadaan sakit). Haid termasuk salah satu kodrat perempuan yang telah ditetapkan Allah SWT.
Hukum dan aturan tentang haid juga tercantum dalam beberapa ayat Alquran, salah satunya surat Al Baqarah ayat 222 yang berbunyi:
وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَٱعْتَزِلُوا۟ ٱلنِّسَآءَ فِى ٱلْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ ٱللَّهُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلتَّوَّٰبِينَ وَيُحِبُّ ٱلْمُتَطَهِّرِينَ
Artinya: “Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.
ADVERTISEMENT
Dijelaskan dalam ayat di atas bahwa haid termasuk dalam golongan najis atau kotoran. Sehingga saat haid perempuan dilarang melakukan beberapa ibadah dan diwajibkan menyucikan diri setelah setelah selesai haid.
Meski dilarang melakukan sebagian ibadah, tapi perempuan yang haid tetap diperkenankan berdzikir dan membaca doa. Maka dari itu, ketika awal haid, perempuan dianjurkan membaca doa agar tetap diberikan keberkahan dan kelancaran dalam menjalani hari.
Berikut doa awal haid dan larangan bagi perempuan yang sedang datang bulan atau menstruasi.
Ilustrasi Doa Awal Haid. Foto: pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Doa Awal Haid. Foto: pixabay.com

Doa Awal Haid

Dikutip dari buku Doa Dzikir Muslimah karangan Abu Ayyub El-Faruqi, ketika haid baru saja datang maka perempuan disunnahkan membaca doa awal haid yang diajarkan Rasulullah SAW kepada Aisyah berikut.
الْحَمْدُللهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ
ADVERTISEMENT
Alhamdulillah 'ala kulli khalin wa astghfirullah min kulli dzanbin.
Artinya: "Segala puji bagi Allah atas segala persoalan dan aku memohon ampun kepada-Mu atas segenap dosa."
Ilustrasi Doa Awal Haid. Foto: pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Doa Awal Haid. Foto: pixabay.com

Larangan bagi Perempuan Saat Haid

Dikutip dari buku Fiqih Thaharah Panduan Praktis Bersuci karangan Ibnu Abdullah, berikut larangan bagi perempuan haid.
1. Sholat
Perempuan haid haram hukumnya mengerjakan sholat, baik wajib maupun sunnah. Rasulullah SAW bersabda pada Aisyah, “Apabila datang haid, maka hendaklah engkau tinggalkan shalat.” (HR. Bukhari)
2. Puasa
Perempuan haid diharamkan berpuasa, baik wajib, sunnah ataupun nazar. Jika tetap dilakukan, maka puasanya tidak sah.
3. Diceraikan Suami
Perempuan haid haram hukumnya ditalak, talak diperbolehkan dilakukan ketika masa haid selesai.
4. I’tikaf di Masjid
ADVERTISEMENT
Perempuan haid haram hukumnya berdiri di masjid karena masjid tempat yang suci, dan ditakutkan darah haid akan mengotorinya.
5. Melakukan Hubungan Suami Istri
Disebutkan bahwa haram hukumnya perempuan haid berhubungan badan dengan suami.
6. Membaca, Menyentuh atau Membawa Al Quran
Rasulullah SAW bersabda, “Ini adalah orang yang tidak junub. Adapun bagi orang yang junub, maka ia tidak boleh (membaca Al Quran) meskipun hanya satu ayat.” (HR. Ahmad dan Abu Ya’la)
7. Thawaf
Haram hukumnya perempuan haid melakukan thawaf (mengelilingi ka’bah).
(DND)