Doa Hari Kedua Ramadhan yang Dianjurkan bagi Umat Islam

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
24 Maret 2023 14:15 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi doa hari kedua Ramadhan (Pixabay).
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi doa hari kedua Ramadhan (Pixabay).
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bulan Ramadhan 1444 Hijriah telah memasuki hari kedua. Selain menunaikan puasa dan melengkapinya dengan ibadah sunnah, pada hari ini umat Muslim juga dianjurkan untuk membaca doa hari kedua Ramadhan.
ADVERTISEMENT
Setiap hari dalam bulan Ramadhan adalah hari yang istimewa, termasuk hari kedua. Allah bahkan menjanjikan bahwa doa yang dipanjatkan selama Ramadhan tidak akan sia-sia, sebagaimana disampaikan dalam hadis bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:
إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ
Artinya: "Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan." (HR. Al Bazaar).
Bagaimana lafaz doa hari kedua Ramadhan? Simak bacaannya berikut ini.

Bacaan Lengkap Doa Hari Kedua Ramadhan

Ilustrasi doa hari kedua Ramadhan (Pixabay).
Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan punya posisi yang istimewa di mata Allah. Sebab, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa doa orang yang berpuasa akan menembus langit dan dijamin akan dikabulkan Allah.
ADVERTISEMENT
Amirulloh Syarbini dan Sumantri Jamhari dalam buku Dahsyatnya Puasa Wajib dan Sunah Rekomendasi Rasulullah mengatakan, hal itu disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah. Rasulullah SAW bersabda:
“Ada tiga golongan orang yang tidak akan pernah ditolak doanya, yaitu orang yang berpuasa sampai ia berbuka, penguasa yang adil, dan orang yang terzalimi.” (HR at-Tirmidzi).
Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk berdoa pada setiap hari selama bulan Ramadhan. Dan khusus hari kedua, doa yang dianjurkan untuk dibaca adalah sebagai berikut
اَللَّهُمَّ قَرِبْنِي فِيْهِ إِلَى مَرْضَاتِكَ وَجَنِّبْنِي فِيْهِ مِنْ سَحَتِكَ وَنَقَمَاتِكَ وَوَفِّقْنِي فِيْهِ لِقِرَائَةِ آيَاتِكَ برَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ
Allaahumma qarribnii fiihi ilaa mardhaatika wa jannibnii fiihi min sakhatika wa naqaamika wa waffiqnii fiihi liqiraa`ati aayaatika birahmatika yaa arhamar raahimiina.
ADVERTISEMENT
Artinya: Ya Allah, dekatkan aku di bulan ini pada keridhaan-Mu. Jauhkan aku dari kemurkaan dan kebencian-Mu. Bimbinglah aku dengan kasih-Mu untuk membaca ayat-ayat-Mu, wahai Yang Maha Pengasih dari segala yang mengasihi.
Doa tersebut sebaiknya dibaca pada sepertiga malam atau sahur karena saat itulah Allah turun ke langit dunia. Sebagaimana disebutkan dalam hadis nabi berikut:
"Tuhan kita, Allah SWT tiap malam turun ke langit dunia pada sampai pada sepertiga malam yang terkahir.
Dia berfirman,‘Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, akan Aku beri. Dan barangsiapa yang mohon ampun kepada-Ku akan Aku ampuni.’" (HR. Bukhari).
Apabila tak sempat pada waktu tersebut, bacalah saat berbuka puasa. Sebab berbuka puasa juga merupakan waktu mustajab untuk berdoa, sebagaimana disampaikan dalam hadis berikut:
ADVERTISEMENT
Dari Abdullah bin Amru bin Ash ra., Rasulullah SAW bersabda,“Sesungguhnya orang yang berpuasa pada saat dia berbuka doanya tidak ditolak.” (HR. Ibnu Majah).
(NSA)