Doa Maryam Agar Mudah Melahirkan untuk Diamalkan Para Ibu Hamil

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
12 Januari 2022 14:00
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Doa Maryam Agar Mudah Melahirkan untuk Diamalkan Para Ibu Hamil (350113)
zoom-in-whitePerbesar
Ibu Hamil. Foto: Freepik
Bagi ibu hamil, melahirkan menjadi suatu momen yang dinantikan sekaligus mendebarkan. Ini karena melahirkan adalah wujud pengorbanan yang harus dilakukan seorang ibu untuk menghadirkan anaknya ke dunia.
ADVERTISEMENT
Melahirkan dengan mudah tentunya menjadi keinginan semua ibu hamil. Mereka berharap proses itu bisa berakhir dengan lancar dan selamat. Mereka juga pasti mengharapkan bisa segera pulih setelah melalui proses persalinan tersebut.
Selain melakukan kegiatan induksi alami agar cepat kontraksi, berdoa kepada Allah SWT juga dibutuhkan agar bisa melewati proses tersebut. Syaikh Jamal Abdurrahman menjelaskan dalam buku Cara Nabi Menyiapkan Generasi, Rasulullah SAW menganjurkan kepada para ibu hamil untuk melantunkan doa Maryam ketika akan melahirkan.
Seperti apa bacaan doa Maryam agar mudah melahirkan? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawaban lengkapnya.

Doa Maryam Agar Mudah Melahirkan

Doa Maryam Agar Mudah Melahirkan untuk Diamalkan Para Ibu Hamil (350114)
zoom-in-whitePerbesar
Ibu Hamil. Foto: Freepik
Berikut adalah bacaan doa Maryam agar mudah melahirkan sebagaimana dikutip dari buku Kitab Doa Mustajab Terlengkap: Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya oleh Ustadz H.Amrin Ali Al-Kasyaf.
ADVERTISEMENT
حنة ولدت مريم ، مزيم ولدت عيسى ، أخرج أيها المؤلود بقدرة الملك المعبود . اللهم صل على سيدنا محمد سهل ويسر م تعسر .
HAANAH WALADAT MARYAM, WA MARYAM WALADAT 'IISAA, UKHRUJ AYYUHAL MAULUUDU BI QUDRATIL MALIKIL MA'BUUD. ALLAAHUMMA SHALLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN SAHHIL WA YASSIR MAA TA'ASSAR.
Artinya: "Hanah melahirkan Maryam, Maryam melahirkan Isa. Wahai anak yang akan dilahirkan, lahirlah dengan kekuasaan Tuhan Yang Maha Menguasai, Yang Disembah. Ya Allah, semoga rahmat senantiasa tercurah kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, gampangkanlah dan mudahkan sesuatu yang sulit.”

Doa Agar Mudah Melahirkan

Doa Maryam Agar Mudah Melahirkan untuk Diamalkan Para Ibu Hamil (350115)
zoom-in-whitePerbesar
Ibu Hamil. Foto: Freepik
Masih mengutip buku yang sama, ada beberapa doa lain yang sebaiknya juga diamalkan oleh para ibu hamil agar mudah melahirkan, yakni:
ADVERTISEMENT
Doa Pertama
اللهم بحق مريم وبحق من أنزلت عليه سورة مريم خفف عنها آلآمها المخاض برحمتك ياأرحم الراحمين
ALLAAHUMMA BIHAQQI MARYAMA WA BIHAQQI MAN UNZILAT "ALAIHI SUURATU MARYAMA KHAFFIF ANHAA (sebut nama istri dan ibunya) AALAAMAHAL MAKHAADHI BIRAHMATIKA YAA ARHAMAR RAAHIMIINA.
Artinya: "Ya Allah! Dengan hak Maryam, juga dengan hak hamba yang diturunkan kepadanya Surat Maryam, ringankanlah penderitaan bersalin darinya (nama orang yang melahirkan dan ibunya), dengan rahmat-Mu wahai Tuhan yang amat mengasihi dari segala-galanya."
Doa Kedua
بسم الله الرحمن الرحيم . اللهم صل على محمد وآل محمد اللهم فارج الهم وكاشف الغم ورحمان الدنيا والآخرة ورحيمهما ، إرحم فلانة بنت فلانة رحمة تغنيها بها عن رحمة جميع خلقك ، تفرج بها كربتها وتكشف بها غمها وتيسر ولادتها ، وقضي بينهم بالحق وهم لايظلمون .
ADVERTISEMENT
BISMILLAAHIR RAHMAANIR RAHIIM. ALLAHUMMA SHALLI 'ALAA MUHAMMADIN WA AALI MUHAMMADIN. ALLAHUMMA FAARIJAL HAMMI WA KASYIFAL GHAMMI WA RAHMAANAD DUNYAA WAL AAKHIRAH WA RAHIIMAHUMAA, IRHAM ... BINTI ... RAHMATAN TUGHNIIHAA BIHAA AN RAHMATI JAMI'I KHALQIKA, TAFRUJU BIHAA KURBATAHAA WA TAKSYIFU BIHAA GHAMMAHAA WA TUYASSIRU WILAADATAHAA, WA QUDHIYA BAINAHUM BIL HAQQI WA HUM LAA YUZHLAMUUN.
Artinya: "Ya Allah, wahai Dzat Yang Maha Menghilangkan duka, Yang Melepaskan derita, Yang Pengasih dan Penyayang di dunia dan akhirat, sayangi membutuhkan lagi kasih sayang dari seluruh makhluk-Mu, dengannya Kau hilangkan dukanya, Kau lepaskan deritanya, Kau mudahkan dalam melahirkan. Telah ditetapkan di antara mereka kebenaran binti dengan kasih sayang yang tidak ... ... sementara mereka tidak dizhalimi."
ADVERTISEMENT

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Melahirkan

Doa Maryam Agar Mudah Melahirkan untuk Diamalkan Para Ibu Hamil (350116)
zoom-in-whitePerbesar
Illustrasi Bayi. Foto: Freepik
Diterangkan dalam buku Tanya Jawab Islam oleh PISS KTB dan TIM Dakwah Pesantren, setelah melewati proses persalinan dengan selamat, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan oleh keluarga Muslim setelah ibu melahirkan, yaitu:
1. Sesudah bayi lahir dengan selamat, adzani telinga sebelah kanannya yang dilanjutkan dengan membaca surat Al-ikhlas dan doa berikut:
اِنِّيْٓ اُعِيْذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطٰنِ الرَّجِيْمِ
innii u'iizuhaa bika wa zurriyyatahaa minash Shaitaanir Rajiim
Artinya: "Aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada setan yang terkutuk." (QS. Ali Imran: 36).
2. Bacakan Iqomah di telinga sebelah kirinya. Tujuannya agar anak yang baru lahir tersebut tidak diganggu oleh syaitan yang bernama "Ummus Syibyan".
ADVERTISEMENT
(NDA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020