News
·
2 Juli 2021 17:45
·
waktu baca 3 menit

Doa Nabi Ibrahim dalam Alquran yang Berisi Beragam Permohonan

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Doa Nabi Ibrahim dalam Alquran yang Berisi Beragam Permohonan (523920)
searchPerbesar
Ilustrasi seorang Muslim yang tengah berdoa. Sumber: Flickr.com
Nabi Ibrahim merupakan salah satu utusan Allah SWT yang wajib diimani oleh Umat Muslim. Kisah Nabi Ibrahim banyak tercantum di dalam Alquran.
ADVERTISEMENT
Mulai dari kisahnya sebagai orang pertama yang mendirikan Ka'bah hingga kerelaannya menyembelih sang putra, Ismail karena menaati perintah Allah SWT.
Dalam setiap kisah tersebut, Nabi Ibrahim sering memanjatkan doa kepada Allah. Oleh karena itu, doa nabi ibrahim terhitung lebih banyak daripada doa nabi lainnya. Harapan yang tersimpan dalam masing-masing doa pun berbeda.
Ibnu Qayyim dalam kitabnya, Bada'iul Fawaid menerangkan, doa adalah permohonan untuk segala sesuatu yang bermanfaat dan tuntutan untuk menjauhkan segala sesuatu yang mendatangkan kemudharatan.
Doa merupakan suatu media komunikasi antara seorang hamba dengan Sang Khaliq dalam rangka memohon dan meminta hajat hidup di dunia atau di akhirat, mengeluh, dan mengadu atas permasalahan hidup yang dihadapi, atau memohon perlindungan dari marabahaya.
ADVERTISEMENT
Allah pun telah memerintahkan umatNya untuk senantiasa berdoa kepadaNya dalam keadaan apapun. Dalam Alquran Surah Al Baqarah ayat 156, Allah berfirman
فَٱذْكُرُونِىٓ أَذْكُرْكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِى وَلَا تَكْفُرُونِ
Artinya: "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku."
Doa Nabi Ibrahim dalam Alquran yang Berisi Beragam Permohonan (523921)
searchPerbesar
Ilustrasi doa Nabi Ibrahim berada dalam Alquran. Sumber: Freepik.com

Kumpulan doa Nabi Ibrahim dalam Alquran

Permohonan dalam doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim ini bermacam-macam. Umat Islam bisa mengamalkan doa-doa tersebut sesuai dengan yang diharapkan. Kumpulan doa ini dikutip dari Buku Keutamaan Doa & Dzikir Untuk Hidup Bahagia Sejahtera oleh M. Khalilurrahman Al Mahfani.
1. Doa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail agar diterima taubat dan amal ibadahnya
Meskipun Nabi Ibrahim seorang utusan Allah, yang jelas jelas amal ibadahnya pasti diterima olehNya, Nabi Ibrahim tetap berdoa. Selain sebagai bentuk pengakuan atas kuasa Allah, Nabi Ibrahim juga memberikan contoh bagi hamba Allah yang lain.
ADVERTISEMENT
Mungkin saja karena suatu hal, amal ibadahnya tidak bisa diterima olehNya. Dengan mengucapkan doa tersebut, besar harapan agar Allah meridhoi dan menerima amal ibadah yang telah dilakukan. Doa ini tercantum dalam Surah Al Baqarah ayat 128.
رَبَّنَا وَٱجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَآ أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلتَّوَّابُ ٱلرَّحِيمُ
Rabbanā waj'alnā muslimaini laka wa min żurriyyatinā ummatam muslimatal laka wa arinā manāsikanā wa tub 'alainā, innaka antat-tawwābur-raḥīm
Artinya: "Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang."
ADVERTISEMENT
2. Doa Nabi Ibrahim agar disatukan bersama orang-orang shaleh
Doa ini tercantum dalam Surah Asy Syu'ara ayat 83.
رَبِّ هَبْ لِى حُكْمًا وَأَلْحِقْنِى بِٱلصَّٰلِحِينَ
Rabbi hab lī ḥukmaw wa al-ḥiqnī biṣ-ṣāliḥīn
Artinya: "(Ibrahim berdoa): "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh."
3. Doa Nabi Ibrahim agar ucapannya selalu benar
Nabi Ibrahim berdoa agar selalu dikaruniai lidah yang senantiasa mengucapkan hal yang baik dan benar. Doa ini tercantum dalam Surah Asy Syu'ara ayat 84.
وَٱجْعَل لِّى لِسَانَ صِدْقٍ فِى ٱلْءَاخِرِينَ
Waj'al lī lisāna ṣidqin fil-ākhirīn
Artinya: "Dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian."
4. Doa nabi Ibrahim agar menjadi pewaris surgaNya
ADVERTISEMENT
Doa ini tercantum dalam Surah Asy Syu'ara ayat 85.
وَٱجْعَلْنِى مِن وَرَثَةِ جَنَّةِ ٱلنَّعِيمِ
Waj'alnī miw waraṡati jannatin-na'īm
Artinya: "Dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mempusakai surga yang penuh kenikmatan,"
5. Doa Nabi Ibrahim agar selalu taat mengikuti perintah Allah
Mendapatkan kemampuan untuk taat menjalankan perintah Allah adalah sebuah anugerah dan hidayah. Berdoa untuk senantiasa diberikan anugerah tersebut sangat dianjurkan untuk dilakukan. Nabi Ibrahim memberikan contohnya dalam Surah Al An'am ayat 79.
إِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِىَ لِلَّذِى فَطَرَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ حَنِيفًا ۖ وَمَآ أَنَا۠ مِنَ ٱلْمُشْرِكِينَ
Innī wajjahtu waj-hiya lillażī faṭaras-samāwāti wal-arḍa ḥanīfaw wa mā ana minal-musyrikīn
Artinya: "Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Rabb yang menciptakan langit dan bumi, dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan."
ADVERTISEMENT
6. Doa Nabi Ibrahim memohon Makkah dijadikan negeri aman dan makmur
Al Baqarah 126
وَإِذْ قَالَ إِبْرَٰهِۦمُ رَبِّ ٱجْعَلْ هَٰذَا بَلَدًا ءَامِنًا وَٱرْزُقْ أَهْلَهُۥ مِنَ ٱلثَّمَرَٰتِ مَنْ ءَامَنَ مِنْهُم بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ
Wa iż qāla ibrāhīmu rabbij'al hāżā baladan āminaw warzuq ahlahụ minaṡ-ṡamarāti man āmana min-hum billāhi wal-yaumil-ākhir.
Artinya: "Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian."
(ULY)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white