Woman
·
14 September 2021 8:33
·
waktu baca 3 menit

Doa Setelah Akad Nikah untuk Pasangan Pengantin Baru

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Doa Setelah Akad Nikah untuk Pasangan Pengantin Baru (625636)
searchPerbesar
Ilustrasi doa setelah akad nikah. Foto: Pixabay.
Pernikahan merupakan ikatan janji yang dilakukan oleh dua orang untuk meresmikan hubungan perkawinan. Untuk mendapatkan kehidupan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan warrohmah, setiap Muslim dianjurkan membaca doa setelah akad nikah.
ADVERTISEMENT
Doa setelah akad nikah tidak hanya diucapkan oleh kedua mempelai, tetapi juga tamu undangan yang hadir. Isi doa tersebut adalah berlindung kepada Allah dari keburukan sifat pasangan. Selain itu, meminta kepada Allah atas segala kebaikan yang dimiliki pasangan.
Lalu bagaimana doa setelah akad nikah? Simak penjelasan berikut.

Doa Setelah Akad Nikah

Doa Setelah Akad Nikah untuk Pasangan Pengantin Baru (625637)
searchPerbesar
Ilustrasi doa setelah akad nikah. Foto: shutterstock.
Dikutip dari buku Kitab Doa-doa Bagi yang Sudah Berkeluarga oleh Siti Nur Aidah dan Tim Penerbit KBM Indonesia, doa setelah akad nikah yaitu:
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ
Allahumma inni as aluka khoyrohaa wa khoyro maa jabaltahaa alaih. Wa a'udzubika min syarri haa wa min syarri maa jabaltahaa alaih.
ADVERTISEMENT
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kau mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan dan kejeleksan yang Engkau tetapkan atas dirinya.”
Doa setelah akad nikah di atas disebutkan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Majah, yakni.
Rasulullah SAW bersabda: “Jika dari kalian menikahi seorang wanita, maka ucapkanlah: ‘Ya Allah sungguh aku meminta kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang Engkau ciptakan atasnya dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan apa yang Enkau ciptakan atasnya’. Dan bila seseorang membeli uta, maka peganglah ubun-ubunnya dan ucapkanlah seperti itu,” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah)

Doa Mempelai Pria kepada Wanita

Doa Setelah Akad Nikah untuk Pasangan Pengantin Baru (625638)
searchPerbesar
Ilustrasi doa setelah akad nikah. Foto: Pixabay.
Dikutip dari buku Tanya Jawab Islam oleh PISS KTB, selain doa di atas, ada tiga doa yang berasal dari cucu Rasulullah yaitu Imam Jafar Ash-Shadiq putera Muhammaad Al Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Al Huseein. Doa ini bisa dibaca setelah akad nikah oleh mempelai pria kepada wanita. Tiga doa tersebut antara lain:
ADVERTISEMENT
Doa Pertama
Allahumma biamaanatika akhattuha, wa bikalimaatiika istahlaltu farjahaa, fain qadhayta lil mnihaa waladan faj’alhu mubaraakan syawiyyaa, walaa taja’al lissyaithaani fiihi syariikan walaa nashiba.
Artinya: “Ya Allah, dengan amanat-Mu kujadikan ia istriku dan dengan kalimat-kalimat-Mu dihalalkan bagiku kehormaannya. Jika Kau tetapkan bagiku memiliki keturunan darinya, jadikan keturunanku keberkahan dan kemuliaan, dan jangan jadikan setan ikut serta dan mengambil bagian di dalamnya.”
Doa Kedua
Allahumarzuqni alfahaa wa wuddahaa wa ridhaaha bii, wa ardhinii bihaa, wajma baynana bianhsanijjtima wa aysari’ tilaafin, fainnaka tuhibbul halaala wa tukhirul haraam.
Artinya: “Ya Allah, karuniakan padaku kelembutan iteriku, kasih sayang dan ketulusannya, ridhai aku bersamanya. Himpunkan kami dalam rumah tangga yang paling baik, penuh kasih sayang dan kebahagiaan, sesungguhnya Engkau mencintai yang halal dan membenci yang haram.”
ADVERTISEMENT
Doa Ketiga
Allahummarzuqni waladan, waj’alhu taqiyyan dzakiyyan laysa fii khalqihii ziyaadatun walaa nuqshan, waj’al ‘aqiibatahuu ilaa khairin.
Artinya: “Ya Allah, karuniakan padaku keturunan, dan jadikan ia anak yang bertakwa dan cerdas, tidak ada kelebihan dan kekurangan dalam fisiknya, dan jadikan kesudahan pada kebaikan.”
Setelah membaca doa setelah akad nikah, sang suami bisa mendatangi istrinya untuk mengusap ubun-ubun sang istri. Setelah itu dilanjutkan dengan sholat sunnah dua rakaat. Ini bisa dilakukan dalam keadaan sudah agak tenang dan tamu sudah sedikit berkurang.
(IPT)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white