News
·
20 Maret 2021 11:50

Fakta Aprilia Manganang yang Kini Berstatus Laki-Laki

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Fakta Aprilia Manganang yang Kini Berstatus Laki-Laki (145951)
searchPerbesar
Serda Aprilia Santini Manganang melambaikan tangan sebelum mengikuti sidang penggantian jenis kelamin dan penggantian nama secara virtual. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Serda Aprilia Manganang telah menjalani sidang pergantian status dari perempuan menjadi laki-laki pada Jumat (19/3). Persidangan tersebut digelar di Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara secara virtual.
ADVERTISEMENT
Mengutip kumparanNEWS, nama Aprilia kini berubah menjadi Aprilio Perkasa Manganang. Selanjutnya, nama baru itu akan diubah ke Disdukcapil Kabupaten Singihe bersamaan dengan pencatatan perubahan status gender Manganang menjadi laki-laki.
"Menetapkan satu mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya. Dua menetapkan pemohon Aprilia Santini Manganang berubah jenis kelamin dari semula berjenis kelamin perempuan menjadi jenis kelamin laki-laki," ucap Majelis Hakim Nova Loura Sasube dalam putusannya.
Sebelum resmi menjadi laki-laki, Aprilia Manganang sempat dinyatakan mengidap hipospadia oleh dokter TNI AD. Kemudian, eks pemain voli itu menjalani corrective surgery untuk menjadi pria seutuhnya.
Ingin mengenal lebih dekat Aprilia Manganang? Simak fakta lengkapnya di bawah ini.

Fakta Aprilia Manganang

Fakta Aprilia Manganang yang Kini Berstatus Laki-Laki (145952)
searchPerbesar
Serda Aprilia Santini Manganang ikuti sidang penggantian jenis kelamin dan penggantian nama secara virtual. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Mengidap Hipospadia Sejak Kecil
Sejak lahir, Aprilia Manganang telah mengidap penyakit hipospadia atau kelainan jenis kelamin yang kerap dialami oleh bayi laki-laki. Ini membuat Aprilia, keluarga, dan lingkungan sekitar mengidentifikasi dirinya sendiri sebagai perempuan.
ADVERTISEMENT
Mempertanyakan Gender Sejak SMP
Mengutip kumparanSPORT, Aprilia Manganang mulai mempertanyakan kebenaran gendernya ketika duduk di bangku SMP. Kala itu, ia bingung lantaran dirinya tidak sama dengan anak lainnya. Meski begitu, dia tidak memiliki kuasa karena lingkungan telah menganggapnya sebagai perempuan.
Eks Pevoli Putri Nasional
Aprilia Manganang merupakan eks pemain voli putri nasional yang telah mencetak sejumlah prestasi. Dirinya diketahui sempat membela Indonesia di ajang SEA GAMES dan menjuarai beberapa penghargaan.
Di antaranya adalah Indonesian Women's Proliga Best Opposite Hitter, 2016 VTV International Women's Vollyball Cup "Most Valuable Player", 2019 Women's Volleyball Thai-Denmark Super League, dan masih banyak lagi.
Menjalani Pemeriksaan Medis
Pada 2021, Aprilia Manganang menceritakan kegelisahan terkait status gender kepada pimpinannya di TNI AD. Dirinya pun mengikuti serangkaian pemeriksaan anatomi. Dari hasil tes tersebut, dokter menyatakan bahwa dirinya adalah seorang laki-laki.
ADVERTISEMENT
Hasil rekam medis menunjukkan bahwa hormon testosteron Aprilia lebih tinggi. Selain itu, eks pevoli tersebut juga tidak memiliki organ tubuh yang harusnya dimiliki oleh wanita.
Diresmikan Sebagai Laki-laki oleh TNI
Pada 9 Maret 2021, KSAD TNI AD Jenderal Andika Perkasa resmi menyatakan perubahan status Aprilia Manganang dari perempuan menjadi laki-laki. Dia memaparkan bahwa Aprilia adalah seorang laki-laki, namun ia mengalami kelainan sistem reproduksi atau hipospadia.
"April lahir tumbuh besar diklaim wanita, akte wanita, tapi penampilan tak seperti wanita,'' kata Andika," kata Jenderal Andika Perkasa, KSAD TNI AD.
(GTT)