Flek Hitam: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
3 Agustus 2022 13:20
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi perempuan dengan flek hitam di kulit. Foto: Sorn340 Studio Images/Shuttterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan dengan flek hitam di kulit. Foto: Sorn340 Studio Images/Shuttterstock
ADVERTISEMENT
Flek hitam adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam di wajah. Keberadaan flek hitam kerap kali mengurangi rasa percaya diri seseorang.
ADVERTISEMENT
Umumnya, flek hitam disebabkan oleh banyak faktor seperti genetik, hormon, sinar UV, kosmetik, dan lain-lain. Faktor tersebut memicu terjadinya proses pigmentasi kulit yang lambat laun berubah menjadi freckless atau melasma.
Mengutip buku Ensiklopedia Macam-Macam Penyakit karya Atma Endris, dkk. (2021), masalah flek hitam lebih sering ditemukan pada jenis kulit yang berwarna cerah. Jika tidak segera diatasi, flek hitam bisa menjadi semakin parah.
Untuk itu, Anda tidak bisa menyepelekan keberadaan flek hitam di wajah. Agar lebih memahaminya, berikut penjelasan tentang flek hitam selengkapnya untuk Anda.

Flek Hitam Disebabkan oleh Apa?

Flek hitam terbentuk ketika melanin memproduksi melanosome secara berlebihan, sehingga pigmen kulit berubah menjadi lebih hitam. Secara garis besar, flek hitam disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu:
ADVERTISEMENT
  • Faktor internal: ketidakseimbangan hormon karena pemakaian pil KB, menstruasi, dan lain-lain.
  • Fakttor eksternal: paparan sinar matahari, kontak dengan zat kimia, polusi udara, dan infeksi lokal.
Ilustrasi adanya flek hitam di wajah Foto: Thinkstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi adanya flek hitam di wajah Foto: Thinkstock
Pada beberapa pasien, flek hitam juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan lain seperti Linea nigra, Melanosis riehl, Poikiloderma of Civatte, dan Erythromelanosis. Kondisi ini bisa dipicu oleh faktor genetika atau keturunan.

Apa Flek Hitam di Wajah Bisa Hilang?

Merujuk situs American Academy of Dermatology Assosiations, flek hitam di wajah sebenarnya bisa dihilangkan. Namun, diperlukan perawatan khusus yang tidak mudah.
Kemudian, proses penyembuhanya pun membutuhkan waktu yang cukup lama. Biasanya, prosedur perawatan flek hitam disesuaikan dengan penyebab dan jenis kulitnya.
Pada kondisi kulit wajah berjerawat, eksim, atau psoriasis, prosesnya diawali dengan penyembuhan peradangan terlebih dahulu. Kemudian, pasien bisa perlahan menghilangkan bekasnya.
ADVERTISEMENT
Gunakan produk skincare dengan kandungan yang aman. Jangan gunakan produk yang berisiko membuat kulit Anda iritasi dan kemerahan. Produk yang tepat bisa menyembuhkan flek hitam lebih cepat.
Ilustrasi kulit berjerawat memicu flek hitam. Foto: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kulit berjerawat memicu flek hitam. Foto: pixabay

Berapa lama flek hitam di wajah bisa hilang?

Setelah penyebabnya ditangani secara tuntas, flek hitam bisa dihilangkan secara perlahan. Mengutip situs AAD, proses penyembuhan pada tiap orang bisa berbeda. Biasanya, berkisar antara 6-12 bulan.
Namun, jika flek hitam tersebut sudah parah, proses penyembuhannya bisa memakan waktu bertahun-tahun. Penanganan yang kurang tepat bisa memperparah keadaannya.
Pertama-tama, warna flek hitam yang muncul bisa berubah menjadi keabu-abuan. Kemudian, flek tersebut dapat berubah menjadi warna cokelat dan krem pudar.

Bagaimana Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Cepat?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek hitam, salah satunya dengan skincare. Anda bisa memilih produk yang mengandung bahan aktif seperti niacinamide, alpha arbutin, dan vitamin C.
ADVERTISEMENT
Kemudian, lakukan eksfoliasi secara rutin menggunakan produk yang mengandung AHA dan BHA. Jika perlu, gunakan retinol 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Selain menggunakan produk skincare, Anda juga bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan flek hitam. Dirangkum dari buku 199 Tips Cantik dan Murah dari Rumah oleh Andini (2009) dan sumber lain, berikut penjelasannya:
Ilustrasi perempuan pakai masker bengkuang. Foto: Dok. Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan pakai masker bengkuang. Foto: Dok. Freepik

1. Bengkuang

Sari pati bengkuang sejak dulu dipercaya mampu memperbaiki kondisi kulit. Bahan alami ini juga dapat mendinginkan kulit serta mengatasi noda hitam di wajah Anda.
Cukup oleskan parutan bengkuang pada wajah untuk menghilangkan flek hitam atau bekas jerawat. Agar hasilnya maksimal, campurkan parutan bengkuang dengan lulur mandi dan gunakan sebagai scrub tubuh.

2. Kunyit

Kunyit terbukti efektif mengatasi flek hitam di wajah. Bahan dapur ini dipercaya dapat memudarkan noda-noda hitam secara perlahan. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
ADVERTISEMENT
  • Ambil kunyit sebesar ibu jari yang ada matanya, kemudian bakar. Usahakan jangan bakar kunyit sampai hangus.
  • Gosokkan kunyit bakar sesudah dingin pada bagian wajah yang berbintik hitam, kemudian diamkan.
  • Setelah beberapa menit, bilas wajah dengan air bersih. Untuk menghilangkan bekas warna kuning kunyit, gunakan bedak dingin.

3. Tomat

Tomat adalah jenis sayuran yang bernutrisi tinggi. Sayuran ini mengandung vitamin A dan vitamin C yang terbukti ampuh mengatasi flek hitam. Selain itu, tomat juga bisa menghaluskan tekstur wajah dan melembutkannya.
Ilustrasi tomat. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tomat. Foto: Shutter Stock
Ambil tomat yang sudah matang, lalu iris tipis. Kemudian, gosokkan pada wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Sebagai alternatif lain, Anda juga bisa memeras tomat dan mengoleskan airnya ke wajah setiap hari. Bahan alami ini dapat menjadi pelindung dari sinar matahari.
ADVERTISEMENT

4. Pohon jambu biji

Selain menghasilkan buah yang enak dan bernutrisi, jambu juga memiliki daun yang berkhasiat menjaga kehalusan kulit. Jika Anda memiliki masalah flek hitam, cobalah manfaatkan daun jambu biji dengan cara berikut:
  • Ambil beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda, cuci sampai bersih.
  • Remas-remas daun jambu biji sampai menjadi butiran-butiran halus. Tambahkan beberapa tetes air jika perlu.
  • Gosokan butiran-butiran daun jambu biji tadi pada kulit wajah secara perlahan dengan gerakan memutar sambil pijat perlahan-lahan, Kemudian, diamkan.
  • Setelah daun kering, bilas wajah dengan air hangat. Diamkan sebentar, lalu bilas lagi dengan air dingin.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap pagi dan sore. Hasilnya, flek hitam akan memudar dan pori-pori mengecil.
(MSD)
Apa itu flek hitam?
chevron-down
Apa penyebab flek hitam?
chevron-down
Apa nama lain dari flek hitam?
chevron-down