News
·
18 September 2020 7:48

Fungsi Alveolus yang Sangat Penting Untuk Pernapasan

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Fungsi Alveolus yang Sangat Penting Untuk Pernapasan (37078)
Ilustrasi Paru-Paru. Foto: Pixabay
Alveolus adalah kantong udara di dalam paru-paru yang bentuknya sangat kecil. Untuk melihatnya pun dibutuhkan alat bantu. Meskipun bentuknya sangat kecil, fungsi alveolus sangat penting untuk pernapasan.
ADVERTISEMENT
Organ kecil ini berbentuk bulat dan lembab yang permukaan luarnya dikelilingi oleh pembuluh darah kapiler. Alveolus tidak hanya dimiliki manusia, tetapi juga semua mamalia.
Mengutip dari berbagai sumber, manusia memiliki sekitar 480 juta alveolus/alveoli di dalam tubuhnya. Terdapat 170 alveolus di setiap 1 kubik milimeter jaringan paru-paru dan semuanya terletak di ujung tabung bronkiolus.
Fungsi utama alveolus adalah sebagai tempat pertukaran udara. Ketika menarik napas, alveolus akan melebar untuk menyerap oksigen. Kemudian, saat menghembuskan napas, alveolus akan mengecil dan mengeluarkan karbondioksida.
Oksigen yang dihirup akan disalurkan alveolus dan kapiler ke dalam darah. Kemudian, sisa karbondioksida akan dikeluarkan melalui kapiler ke alveolus, lalu naik ke bronkial yang kemudian keluar dari tubuh melalui hidung.
ADVERTISEMENT
Lapisan alveolus yang sangat tipis membuat pertukaran gas terjadi sangat cepat. Selain itu, alveolus juga berfungsi sebagai penyimpanan udara yang bersifat sementara yang memungkinkan alveolus menyerap oksigen ke dalam darah.
Itulah fungsi penting alveolus untuk sistem pernapasan. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi alveolus, seperti cek kesehatan secara rutin, tidak merokok, menjalankan pola hidup sehat, dan olahraga teratur.
(FEP)