News
·
15 Oktober 2020 7:21

Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir atau Kiamat Bagi Umat Islam

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir atau Kiamat Bagi Umat Islam (373018)
searchPerbesar
Ilustrasi hari kiamat. Foto: Pixabay
Percaya kepada hari akhir atau hari kiamat merupakan salah satu dari enam rukun iman. Di hari kiamat, alam semesta beserta isinya akan luluh lantak.
ADVERTISEMENT
Ini jugalah yang menjadi akhir dari kehidupan di dunia dan dimulainya kehidupan yang kekal di akhirat. Manusia akan diminta pertanggungjawaban atas seluruh perbuatannya di dunia.
Dalam Surat al-A’raf ayat 187, disebutkan bahwa tidak ada seorangpun yang mengetahui waktu kedatangan kiamat kecuali Allah SWT. Namun, terdapat berbagai peristiwa yang menjadi pertanda. Di antaranya adalah adanya Imam Mahdi, munculnya Dajjal, turunnya Nabi Isa AS, matahari terbit dari arah Barat, hingga kehancuran Kakbah.
Allah memerintahkan makhluknya untuk berbuat sesuatu bukan tanpa alasan. Termasuk perintah untuk mengimani hari akhir. Sebab, terdapat beberapa hikmah yang dapat dipetik. Apa saja itu?

Meningkatkan Ketakwaan Kepada Allah SWT

Orang yang meyakini adanya hari akhir otomatis juga mengimani Allah SWT. Artinya, mereka percaya bahwa hanya Allah SWT yang dapat menciptakan alam semesta dan berkuasa menentukan hari akhir.
ADVERTISEMENT
Dengan demikian, umat muslim akan melaksanakan ibadah wajib dan sunah sesuai yang diperintahkan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sekaligus meminta diberikan perlindungan serta pengampunan di hari kiamat.

Menjauhkan Diri dari Segala Hal yang Buruk dan Maksiat

Di hari akhir, manusia akan memperoleh balasan atas semua perbuatannya. Seseorang yang banyak beramal saleh akan diganjar dengan surga, sementara orang-orang yang berbuat maksiat akan disiksa di neraka.
Dengan mengimani hari akhir, seseorang akan mendekatkan diri pada kebaikan. Misalnya bekerja dengan jujur dan ikhlas, menginfakkan sebagian hartanya daripada berfoya-foya, dan senantiasa berbuat baik kepada orang lain.
Sebab, ia menyadari bahwa dunia ini hanyalah persiapan untuk kehidupan kekal di akhirat.

Siap Menghadapi Kematian dan Hari Kiamat

Tidak ada yang dapat memprediksi kapan kiamat akan datang. Oleh sebab itu, semua muslim harus mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh. Yakni dengan selalu memperbaiki semua perbuatan dan memperbanyak ibadah.
ADVERTISEMENT
Meski kiamat terdengar mengerikan, orang yang mengimani hari akhir justru akan siap menghadapi kematian dan hari pembalasan. Sebab, mereka menyadari bahwa Allah adalah tempat kita kembali.
(ERA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white