Hukum Bacaan dan Contoh Iqlab dalam Surat Pendek

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
26 Februari 2024 10:06 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi contoh bacaan Iqlab dalam surat pendek. Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh bacaan Iqlab dalam surat pendek. Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
Iqlab adalah salah satu hukum tajwid yang perlu dipahami setiap Muslim agar bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Ada banyak contoh iqlab dalam surat pendek yang bisa dipelajari.
ADVERTISEMENT
Secara harfiah, iqlab اقلاب artinya membalik atau mengubah sesuatu dari bentuk aslinya. Dalam ilmu tajwid, iqlab adalah perubahan bunyi nun mati atau tanwin menjadi mim.
Untuk mengetahui lebih jauh tentang bacaan iqlab dan contohnya, simak ulasan berikut!

Hukum Bacaan Iqlab

Ilustrasi contoh bacaan Iqlab dalam surat pendek. Foto: Unsplash.
Hukum bacaan dalam Al-Quran terdiri dari beberapa macam, salah satunya hukum nun mati dan tanwin. Hukum nun mati dan tanwin dibedakan menjadi lima, yakni ikhfa, izhar, idhgam bigunnah, idgham bilagunnah, dan iqlab.
Dikutip dari buku Juz Amma Tajwid Berwarna & Terjemahannya oleh M Khalilurrahman Al Mahfani, iqlab adalah perubahan bunyi nun sukun (نْ) atau tanwin ( ـَــًـ , ـِــٍـ , ـُــٌـ ) menjadi mim yang tersembunyi.
Suatu bacaan disebut iqlab apabila terdapat tanwin atau nun mati bertemu dengan huruf ba (ب). Cara membacanya dengan mengganti nun dengan mim disertai dengungan.
ADVERTISEMENT
Dalam buku Panduan Lengkap Belajar Ilmu Tajwid Otodidak oleh Muhammad Isham Muflih (2020), saat mengucapkan mim kedua bibir sebaiknya tidak terlalu rapat untuk menciptakan dengungan.

Contoh Iqlab dalam Surat Pendek

Ilustrasi contoh bacaan Iqlab dalam surat pendek. Foto: Unsplash.
Agar lebih memahami hukum bacaan Iqlab, berikut ini contoh iqlab dalam surat pendek.

1. Al Alaq ayat 15

كَلَّا لَىِٕنْ لَّمْ يَنْتَهِ ەۙ لَنَسْفَعًاۢ بِالنَّاصِيَةِۙ
Pada ayat tersebut terdapat tanwin yang bertemu dengan huruf ba pada فَعًاۢ بِالنَّ. Cara membacanya adalah fa’amm binaa bukan fa’an binaa.

2. Al Bayinnah ayat 4

وَمَا تَفَرَّقَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ اِلَّا مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنَةُ ۗ
Pada ayat di atas terdapat hukum bacaan iqlab pada مِنْۢ بَعْدِ. Nun sukun bertemu dengan huruf ba, sehingga cara membacanya mimm ba’di bukan minn ba’di.

3. Al Humazah ayat 4

كَلَّا لَيُنْۢبَذَنَّ فِى الْحُطَمَةِۖ
ADVERTISEMENT
Pada ayat tersebut terdapat bacaan iqlab pada لَيُنْۢبَذَنَّ. . Nun sukun bertemu dengan ba, sehingga dibaca layumm badza bukan layunn badza.

4. Al Lail ayat 8

وَاَمَّا مَنْۢ بَخِلَ وَاسْتَغْنٰىۙ
Hukum bacaan iqlab pada ayat di atas terdapat pada مَنْۢ بَخِلَ. Terdapat nun sukun bertemu dengan huruf ba, sehingga cara membacanya adalah mamm bakhila bukan man bakhila.

5. Al Hasyr ayat 10

وَالَّذِيْنَ جَاۤءُوْ مِنْۢ بَعْدِهِمْ يَقُوْلُوْنَ ….
Pada penggalan ayat di atas, hukum bacaan iqlab terdapat pada مِنْۢ بَعْدِ. Keberadaan nun sukun yang bertemu dengan huruf ba membuatnya dibaca mimm ba’di buka min ba’di.

6. Al Balad ayat 2

وَاَنْتَ حِلٌّۢ بِهٰذَا الْبَلَدِۙ
Bacaan iqlab pada ayat di atas terdapat pada حِلٌّۢ بِهٰذَ. Dammah tanwin yang bertemu dengan huruf ba membuatnya dibaca hillumm bihaadza bukan hillun bihaadza.
ADVERTISEMENT
(GLW)