Idealnya Cuci Muka Berapa Kali Sehari? Ini Aturannya Agar Tidak Timbul Jerawat

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
1 September 2022 10:32
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mencuci muka. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mencuci muka. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Mencuci wajah merupakan tahapan paling dasar dalam rangkaian skincare routine. Pada tahapan ini, Anda bisa membersihkan sisa-sisa kotoran, minyak, dan make up yang masih menempel di wajah setelah seharian beraktivitas.
ADVERTISEMENT
Dalam dunia kedokteran dan kecantikan, rutinitas mencuci wajah terbukti bisa membantu seseorang terhindar dari jerawat. Karena umumnya, masalah jerawat ditimbulkan oleh pori-pori yang tersumbat kotoran atau sisa sebum di lapisan kulit terluar.
Mencuci muka bisa dilakukan menggunakan produk facial wash atau cleanser yang sesuai. Pada malam hari, Anda bisa mendahuluinya dengan membersihkan wajah menggunakan micellar water terlebih dahulu.
Setelah itu, Anda bisa mencuci muka seperti biasa dan dilanjutkan dengan pemakaian produk skincare lainnya. Sebenarnya, aturan cuci muka berapa kali sehari? Untuk mengetahuinya, simaklah penjelasan dalam artikel berikut ini.

Aturan Cuci Muka yang Benar Menurut Medis

Mengutip jurnal Hubungan antara Mencuci Wajah dengan Kejadian Akne Vulgaris pada Remaja Laki-laki di Manado susunan Fifin R. T. Sole, dkk (2019) idealnya cuci muka dilakukan sebanyak 2 kali sehari menggunakan cleanser atau facial wash. Cara ini dapat menjaga kelembapan kulit Anda.
Ilustrasi cuci muka. Foto: TORWAISTUDIO/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cuci muka. Foto: TORWAISTUDIO/Shutterstock
Cuci muka terlalu sering, apalagi sampai lebih dari 3 kali, bisa menyebabkan kulit kering dan dehidrasi. Akibatnya, skin barrier akan rusak dan tidak mampu menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.
ADVERTISEMENT
Kondisi ini berisiko menyebabkan komedo berlebihan pada wajah, kulit berminyak, kulit kering, jerawat yang banyak, dan lain-lain. Skin barrier yang rusak dapat mendatangkan sejumlah masalah kulit yang sulit untuk ditangani.
Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mencuci muka 2 kali sehari saja pada pagi dan malam. Khusus pada malam hari, Anda bisa membersihkan wajah menggunakan micellar water terlebih dahulu sebelum mencuci muka.
Anjuran cuci muka 2 kali sehari sebenarnya didasarkan pada penelitian yang sudah dilakukan oleh para ilmuwan. Dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa mencuci muka 2-3 kali sehari dapat menyeimbangkan kadar minyak di wajah.
Sedangkan mencuci muka 1 kali sehari justru terbukti meningkatkan jumlah jerawat dan komedo di wajah. Begitu pun dengan mencuci muka lebih dari 3 kali sehari.
Mencuci Muka Terlalu Sering Tak Baik untuk Kulit. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Mencuci Muka Terlalu Sering Tak Baik untuk Kulit. Foto: Shutterstock
Saat mencuci muka, sebaiknya hindari menggosok area muka dengan kasar. Kemudian, hindari menggunakan produk cleanser yang mengandung scrub kasar karena dapat merusak lapisan kulit.
ADVERTISEMENT
Jika wajah Anda berjerawat, gunakan cleanser yang mengandung bahan sulfur atau asam salisilat. Sallika NS dalam buku Serba-Serbi Kesehatan Perempuan (2010) mengungkapkan bahwa produk tersebut dapat membantu pengelupasan kulit mati dan mengurangi peradangan.
Bagi para acne fighters, berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk menyembuhkan jerawat Anda:
  • Jangan memegang dan memencet jerawat. Memaksa jerawat atau komedo keluar bisa mendorong isi jerawat masuk lebih dalam dan merobek dinding folikel.
  • Gunakan pelembap bebas minyak hanya ketika kulit terasa kering.
  • Jauhi rambut dari wajah karena rambut mengandung minyak dan bisa menambah atau memperparah jerawat bila bersentuhan. Selain itu, cuci rambut secara teratur.
  • Hindari menggunakan make up karena bisa menutup pori-pori dan menyebabkan jerawat semakin parah.
ADVERTISEMENT
(MSD)
Apa manfaat cuci muka?
chevron-down
Mengapa tidak boleh mencuci muka terlalu sering?
chevron-down
Apa bahaya dari skin barrier yang rusak?
chevron-down