Janji Allah untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Mendapat Pahala Mati Syahid

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
17 Mei 2022 15:46
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Janji Allah untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Mendapat Pahala Mati Syahid (8173)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Janji Allah untuk Ibu Hamil. Foto: unsplash.com
ADVERTISEMENT
Kehamilan adalah anugerah yang luar biasa dari Allah yang diberikan bagi seorang wanita setelah menikah. Dalam Islam, ibu hamil dan menyusui mendapat keistimewaan serta ganjaran pahala dari Allah.
ADVERTISEMENT
Sebab, proses mengandung yang dilalalui seorang ibu tidaklah mudah. Bahkan, ia harus bertarung dengan nyawa ketika melahirkan buah hatinya.
Allah menyebutkan dalam surat Al-Ahqaf ayat 15 yang artinya:
وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا
Artinya: “Kami perintahkan kepadamu supaya berbuat baik kepada dua orang, yakni ibu dan bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya, maka ia akan mendapat pahala yang setimpal.” (QS. Al Ahqaf: 15)
Disadur dari buku Berbahagialah Para Wanita, Inilah 99 Keistimewaan Dirimu oleh Abdillah F. Hasan karena perjuangan dan keistimewaan itulah Allah menjanjikan banyak keutamaan bagi ibu hamil, salah satunya diampuni dosa-dosanya. Hal ini mungkin ini bisa menyemangati para calon ibu yang sedang mengandung untuk senantiasa mengingat Allah.
Janji Allah untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Mendapat Pahala Mati Syahid (8174)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Janji Allah untuk Ibu Hamil. Foto: pexels.com

Janji Allah untuk Ibu Hamil

Merangkum dari buku Buku Lengkap Fiqih Kehamilan & Melahirkan oleh Rizem Aizid, berikut janji Allah untuk ibu hamil.
ADVERTISEMENT

1. Shalat ibu hamil lebih utama

Shalat ibu hamil lebih diutamakan. Bahkan lebih utama dibanding dengan 80 rakaat shalat perempuan yang tidak hamil. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits sabda Rasulullah SAW, yang artinya “Bahwa dua rakaat shalat ibu hamil menjadi lebih baik dibandingkan dengan 80 rakaat shalat yang dilakukan perempuan tidak hamil.” (HR. Muslim)
Keutamaan tersebut diberikan kepada ibu hamil karena tengah mengandung janin dalam perutnya. Sehingga membuat janin yang dikandung pun ikut shalat, mendengar bacaan shalat, serta ikut sujud bersama sang ibu yang tengah menghadap Allah SWT.

2. Memperoleh pahala besar

Ganjaran pahala untuk ibu hamil lainnya yaitu memperoleh pahala puasa di siang hari dan pahala ibadah di malam hari. Dikatakan Rasulullah SAW, seorang ibu hamil akan mendapatkan pahala 70 tahun shalat dan juga puasa.
ADVERTISEMENT
Hal ini terjadi karena ibu hamil selalu membawa amanah Allah berupa janin yang dibawa setiap harinya ke mana-mana. Oleh karena itu, sangatlah wajar apabila ibu hamil mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah.

3. Pahala mati syahid

Salah satu keutamaan ibu hamil adalah ketika ia meninggal dalam keadaan melahirkan, maka dianggap sebagai mati syahid. Rasulullah SAW bersabda:
Mati syahid itu ada tujuh, selain mati terbunuh dalam perang fisabilillah, yaitu: mati karena penyakit tha’un, mati karena tenggelam, mati karena penyakit lambung, mati karena sakit perut, mati karena terbakar, mati karena tertimpa reruntuhan, dan wanita yang mati karena hamil atau melahirkan.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Nasa'i dan Malik)
Allah SWT memberikan jaminan surga kepada ibu hamil yang meninggal dunia dalam masa kehamilannya. Kedudukan yang sangat tinggi bagi perempuan yang meninggal saat masa kehamilan atau proses melahirkan ini menunjukkan betapa besar harkat yang diberikan Allah. Akan tetapi, perempuan tersebut akan mati sia-sia jika kehamilannya adalah hasil dari berbuat zina.
ADVERTISEMENT

4. Berjihad di jalan Allah

Janji Allah untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Mendapat Pahala Mati Syahid (8175)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Janji Allah untuk Ibu Hamil. Foto: freepik.com
Mendapat pahala berjihad di jalan Allah tidak hanya didapat oleh laki-laki yang sedang berperang saja. Namun, ketika seorang ibu hamil mulai merasa sakit ketika hendak bersalin atau melahirkan, Allah akan mencatat baginya pahala orang yang berjihad.

5. Dijanjikan pahala 12 tahun

Banyak dari ibu hamil akan mengalami kesulitan saat tidur di malam hari, terlebih ketika usia kandungannya sudah semakin besar. Hal ini dikarenakan rasa sakit pada sekujur tubuh yang membuat ibu hamil susah tidur.
Bagi ibu hamil yang susah tidur dan membuatnya terjaga saat malam hari, kemudian ia memberikan hiburan bagi janinnya, Allah SWT menjanjikan pahala sebesar 12 tahun pahala ibadah yang dikerjakannya.

6. Diampuni dosanya

Selain pahala, Allah SWT juga akan mengampuni dosa seorang perempuan yang hamil. Tentu saja bagi mereka yang ikhlas menanggung rasa sakit saat masa kehamilan dan melahirkan, serta bagaimana merawat bayinya kelak hingga tumbuh menjadi seseorang yang bermanfaat bagi sekitarnya.
ADVERTISEMENT
(EAR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020