News
·
28 Mei 2021 17:11
·
waktu baca 1 menit

Kelebihan dan Kelemahan Penerapan Pancasila Masa Orde Baru

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Kelebihan dan Kelemahan Penerapan Pancasila Masa Orde Baru (454744)
searchPerbesar
Ilustrasi Pancasila. Foto: Ideapers
Pancasila merupakan pedoman warga Indonesia yang sudah ditetapkan sejak awal kemerdekaan. Artinya, Pancasila sebagai dasar negara telah diterapkan bangsa Indonesia dari masa ke masa, sejak masa Orde Lama, Orde Baru, hingga masa Reformasi.
ADVERTISEMENT
Dalam pelaksanaannya, penerapan Pancasila mengalami dinamika. Salah satu faktor utamanya adalah adanya perubahan kebijakan pemerintahan dari masa ke masa yang telah disebutkan.
Penerapan Pancasila dari masing-masing periode tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Bagaimana kelebihan dan kelemahan penerapan Pancasila pada masa Orde Baru?
Masa Orde Baru dimulai saat Soeharto resmi ditetapkan sebagai presiden setelah Indonesia melalui masa transisi pada tahun 1966-1967. Pemerintahan Orde Baru memandang bahwa selama Orde Lama telah terjadi penyimpangan terhadap pelaksanaan UUD 1945 dan Pancasila.
Mengutip buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan oleh Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra (2018), dengan konsep Demokrasi Pancasila, visi utama pemerintahan Orde Baru ini adalah untuk melaksanakan Pancasila dan juga UUD 1945 untuk kepentingan kehidupan masyarakat Indonesia.
ADVERTISEMENT
Presiden Soeharto sebagai tokoh utama Orde Baru dipandang rakyat sebagai seseorang yang mampu mengeluarkan Indonesia dari keterpurukan. Hal itu tak lepas dari pembubaran PKI yang dilakukannya serta keberhasilannya menciptakan stabilitas keamanan dalam negeri pasca pemberontakan PKI dalam waktu yang cukup singkat.
Sesuai dengan konsep pemerintahannya, Orde Baru dikatakan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Namun, pada pelaksanaannya ada kelebihan dan kelemahan penerapan Pancasila dalam masa pemerintahan ini. Berikut informasinya dikutip dari buku Sejarah Indonesia oleh Abdurakhman dkk (2015).
Kelebihan dan Kelemahan Penerapan Pancasila Masa Orde Baru (454745)
searchPerbesar
Soeharto sebagai Presiden Indonesia pada masa Orde Baru. Foto: Reuters

Kelebihan Penerapan Pancasila Masa Orde Baru

  • Stabilitas negara jauh lebih terjamin.
  • Kedaulatan rakyat sepenuhnya ditegakkan melalui pelaksanaan Pemilu yang tidak terlaksana pada Orde Lama.
  • Pembangunan ekonomi berjalan dengan baik dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
  • Angka kemiskinan menurun, kebutuhan pangan masyarakat tercukupi.
  • Suksesnya program-program pembangunan masyarakat di berbagai bidang, seperti transmigrasi, program wajib belajar, dan sebagainya.
  • Dibentuknya sejumlah lembaga negara sesuai dengan UUD 1945.
ADVERTISEMENT

Kelemahan Penerapan Pancasila Masa Orde Baru

  • Pemerintah Orde Baru cenderung bersifat otoriter, di mana presiden mempunyai kekuasaan yang sangat besar dalam mengatur jalannya pemerintahan.
  • Tidak terlaksananya demokrasi, di mana Golkar dianggap menjadi alat politik untuk mencapai stabilitas yang diinginkan sementara partai lainnya hanya sebagai alat pendamping.
  • Maraknya KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme).
  • Munculnya kesenjangan sosial dalam masyarakat Indonesia.
  • Banyak pelanggaran HAM yang terjadi.
(ADS)