Keutamaan Bismillah dalam Kehidupan Sehari-hari Umat Islam

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
17 Februari 2022 15:00
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Keutamaan Bismillah dalam Kehidupan Sehari-hari Umat Islam (79856)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tempat ibadah umat muslim. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Kalimat paling penting dan sering diucapkan oleh umat Islam adalah Bismillahirahmanirahim yang artinya “dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang”. Kalimat ini sangat dianjurkan untuk dibaca setiap Muslim setiap hendak mengawali aktivitas dan pekerjaannya.
ADVERTISEMENT
Di dalam kalimat Bismillah juga terdapat banyak keberkahan dan keutamaan. Apalagi jika diiringi dengan perbuatan baik dalam kehidupan sehari-hari.
Bahkan Malaikat Jibril pun sangat memuliakan bacaan Bismillah. Dalam sebuah hadist, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalam mengatakan bahwa, “Jibril ketika datang kepadaku yang pertama kali diucapkan dan diberikan kepadaku adalah kata bismilahirrahmairrahim.” (Darulquthni dan Ibnu Umar r.a)
Hadits tersebut menjelaskan bahwa Malaikat Jibril menggunakan kata Bismillah untuk menunjukan sikap santun dan memuliakan Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Lantas, apa saja keutamaan kalimat Bismillahirahmanirahim. Apa bagi umat Muslim? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Keutamaan Bismillah

Keutamaan Bismillah dalam Kehidupan Sehari-hari Umat Islam (79857)
zoom-in-whitePerbesar
mengawali segala aktifitas dengan membaca bismillah. Foto: Pixabay
Mengutip dari buku Rahasia Kedahsyatan Basmallah Berdasarkan A-Quran dan As-Sunah karya Sulistyawati Khairu (2015:162-167), keutamaan Bismillah antara lain sebagai doa penyembuh, doa pengasihan, doa pelindung dan pembuka rezeki yang diberikan. Selain itu, masih banyak keutamaan lain dari membaca bismillah, antara lain:
ADVERTISEMENT
1. Menghindari sesuatu yang tidak diinginkan
Seorang Muslim yang rutin mengamalkan bismillah dalam sehari-hari, InsyaAllah akan terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan bahkan yang dibenci.
Dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW bersabda, "Wahai Ali maukah aku (Muhammad) ajarkan kepadamu kalimat menghadapi petaka?’ Ali kemudian mengiyakan. Rasulullah kembali melanjutkan sabdanya, “ Jika menghadapi petaka maka ucapkanlah: bismillahirrahmanirrahim wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adhim. Niscaya dengan kalimat itu, Allah akan menghilangkan petaka apapun yang Dia kehendaki.” (Imam Nawawi).
2. Pembuka rezeki
Keutamaan Bismillah yang kedua yaitu dapat membuka pintu rezeki. Dengan sering melafalkan kalimat Bismillahirahmanirahim, segala urusan akan dilancarkan serta mendapatkan keberkahan.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib).
Keutamaan Bismillah dalam Kehidupan Sehari-hari Umat Islam (79858)
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi berdoa kepada Allah SWT. Foto: Pixabay
3. Mendatangkan bermacam hajat
ADVERTISEMENT
Dengan membaca kalimat “Bismillah” sebanyak 12000 kali dan setiap selesai membaca shalawat “allahumma Sali wa sallim ala sayyidina Muhammad’ disertai berdoa kepada Allah SWT, segala hajat Insya Allah akan segera terkabul.
4. Aman dari gangguan setan
Bacaan bismillah dapat menjadi pembatas antara manusia dengan setan. Jika seorang Muslim sering membaca Bismillah menjelang tidur atau ketika ingin memulai aktivitas, setan tidak akan bisa mengganggu.
hal ini sebagaimana telah disampaikan oleh Imam Muhammad Nawawi Al-Jawi yang menukil dari Imam Ahmad AS-Showi dalam kitabnya “Kasyifatussaja”:
“Di antara keistimewaan yang dimiliki basmalah, ketika seseorang membacanya sebanyak 21 kali sebelum tidur, maka pada malam itu ia akan terselamatkan dari gangguan setan, dari kemalingan, dari mati mendadak, dan bencana yang lainnya.”
ADVERTISEMENT
(IMR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020