News
·
24 Juni 2020 11:27

Keutamaan Membaca Sholawat Nabi: Menghapus Dosa hingga Dimudahkan Masuk Surga

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Keutamaan Membaca Sholawat Nabi: Menghapus Dosa hingga Dimudahkan Masuk Surga (29988)
Keutamaan Sholawat Nabi. Foto: Shutterstock
Salah satu bentuk kecintaan umat terhadap Nabi Muhammad SAW adalah dengan membaca sholawat nabi. Sholawat secara bahasa berasal dari kata sholla yang artinya doa. Sehingga sholawat nabi merupakan doa dan pujian untuk Rasulullah SAW.
ADVERTISEMENT
Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk bersholawat. Ini tercantum dalam surah al-Ahzab ayat 56 yang berbunyi: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."
Bersholawat tidak hanya merupakan perintah Allah dan bentuk cinta terhadap Rasulullah. Siapa sangka, mengucap "Allahumma shalli 'ala muhammad wa 'ala ali muhammad" ternyata memiliki banyak keutamaan luar biasa. Berikut penjelasannya:

Bersholawat Satu Kali, 10 Dosa Dihapus

Ketika seseorang bersholawat satu kali, Allah akan bersholawat untuknya dan menghapus sepuluh dosanya. Bayangkan jika kita gemar bersholawat, berapa banyak dosa kita yang terhapus.
Ini tercantum dalam hadis yang berbunyi: “Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat dan menghapus darinya sepuluh dosa”. (HR. Ahmad)
ADVERTISEMENT

Diangkat Derajatnya

Allah berjanji untuk mengangat derajat orang-orang yang bersholawat. Dalam Hadis Riwayat Ahmad, disebutkan:
“Barang siapa di antara umatmu yang bersholawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula'." (HR Ahmad).

Memudahkan Terkabulnya Doa

Jika doa kita ingin dikabulkan oleh Allah, hendaknya memperhatikan adab. Bersholawat sambil berdoa merupakan ikhtiar agar doa yang dipanjatkan dapat terkabul dengan mudah.
“Setiap doa akan terhalang hingga diucapkan sholawat kepada Muhammad.” (HR. Thabrani).
Hadis lain juga mengungkapkan hal serupa.
"Apabila salah seorang di antara kamu membaca sholawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah sholawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).
ADVERTISEMENT

Mendapat Syafaat Nabi Muhammad

Nabi Muhammad akan memberikan syafa’at (pertolongan) kepada umatnya atas izin Allah di akhirat kelak. Golongan orang yang berhak mendapat syafaat Rasulullah adalah orang-orang yang banyak bersholawat kepada beliau.
“Orang yang paling berhak mendapatkan syafa’atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku.” (HR. Tirmidzi)

Dimasukkan ke Surga

Orang yang banyak membaca sholawat nabi akan dimudahkan untuk masuk surga. Sementara orang yang tidak bersholawat akan disimpangkan dari jalan surga, sebagaimana tercantum dalam hadis: “Barangsiapa yang aku disebutkan di sisinya lalu ia tidak mengucapkan sholawat kepadaku, maka ia akan disimpangkan dari jalan surga” (HR. Thabrani).
(ERA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white