Keutamaan Sholawat Jibril Jika Diamalkan Setiap Hari oleh Umat Muslim

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
15 Juni 2021 8:01
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Keutamaan Sholawat Jibril Jika Diamalkan Setiap Hari oleh Umat Muslim (99750)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seorang muslim berdoa dan berzikir
Sholawat Jibril merupakan salah satu amalan yang sering digunakan sebagai dzikir bagi umat Muslim. Sholawat tersebut bermakna permohonan doa kepada Allah agar Allah melimpahkan segala rohmah atau kasih sayang kepada Nabi Muhammad.
ADVERTISEMENT
Selain itu, tujuan mengamalkan sholawat ini adalah agar Nabi Muhammad melimpahkan syafaat kepada orang tersebut di hari kiamat kelak. Sebab, hanya Nabi Muhammad yang mampu memberikan syafaat atau pertolongan kepada umatnya.
Allah memerintahkan kepada umat muslim agar senantiasa bersholawat kepada Nabi Muhammad. Bahkan Allah dan malaikat pun ikut bersholawat kepada Nabi Muhammad.
Perintah tersebut tertuang dalam Alquran Surah Al Ahzab ayat 56 sebagai berikut.
إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا
Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna 'alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ 'alaihi wa sallimụ taslīmā
Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."
ADVERTISEMENT
Mengutip Buku Rahasia Sehat Berkah Shalawat yang ditulis oleh M. Syukron Maksum, berikut adalah lafal sholawat Jibril besera lafal latin dan artinya.
صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد
Shallallahu ‘ala Muhammad.
Artinya: “Semoga Allah memberikan rahmatNya kepada Nabi Muhammad."
Keutamaan Sholawat Jibril Jika Diamalkan Setiap Hari oleh Umat Muslim (99751)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seorang muslim yang senantiasa berzikir. Sumber: Freepik.com

Keutamaan Mengamalkan Sholawat Jibril

Mengutip Buku Rahasia Sehat Berkah Shalawat yang ditulis oleh M. Syukron Maksum, berikut adalah keutamaan mengamalkan sholawat Jibril sebagai dzikir harian.
1. Dicintai semua orang dan dibukakan 70 pintu rahmat
Mengamalkan Shalawat Malaikat Jibril secara rutin, maka orang tersebut akan dicintai oleh semua orang dan dibukakan 70 pintu rahmat. Sebagaimana dikatakan oleh Imam Sya‘roni bahwa Rasulullah saw pernah bersabda:
Barang siapa membaca shalawat ini (di atas), maka ia telah membuka 70 pintu rahmat untuk dirinya dan Allah akan menitipkan cinta-Nya pada hati manusia sehingga mereka tidak akan marah kepadanya, kecuali orang yang menyimpan kemunafikan di dalam hatinya.”
ADVERTISEMENT
2. Dapat melihat Nabi Muhammad di dalam mimpi
Membaca shalawat ini secara rutin juga bisa bermimpi bertemu dan melihat Nabi saw. Diriwayatkan dari As-Sakhawi, berikut kisahnya.
Ada seorang laki-laki dari Syiria menghadap Nabi Muhammad. Ia mengatakan bahwa ayahya telah tua renta nan buta. Meski begitu, ia ingin melihat Nabi. Lalu disarankan untuk membaca shalawat Jibril. Kemudian, ia melantunkan sholawat tersebut sebagai dzikir. Akhirnya, ia dapat melihat Rasul dalam mimpinya, bahkan bisa meriwayatkan hadis dari beliau.
3. Melancarkan datangnya rezeki
Habib Umar bin Hafidz mengijazahkan amalan ini kepada penulis buku, Syukron Maksum, agar rezekinya selalu lancar. Amalan yang diijazahkan adalah membaca istighfar sebanyak 100 kali dan membaca sholawat malaikat Jibril sebanyak 500 kali pada waktu pagi dan petang. Jika diamalkan secara rutin, Insyaallah, rezeki yang datang tiap harinya akan selalu lancar dan diberkahi.
ADVERTISEMENT
4. Dihapus kejelekannya dan diangkat derajatnya
Mengutip Buku 33 Shalawat oleh M. Ramli Husein Khalil, Nabi Muhammad bersabda dalam hadist berikut bahwa siapapun yang mengamalkan sholawat jibril akan dihapuskan kejelekannya dan diangkat derajatnya.
"Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, menghapuskan sepuluh kejelekan darinya, dan mengangkat derajatnya."
(ULY)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020