Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan, dari Obat Flu hingga Antikaker

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
26 Februari 2024 10:11 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi khasiat daun mint untuk kesehatan. Foto: Pexels.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi khasiat daun mint untuk kesehatan. Foto: Pexels.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Khasiat daun mint untuk kesehatan sangat berlimpah. Daun dengan aroma menyegarkan ini sudah lama digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.
ADVERTISEMENT
Mint (mentha sp) merupakan tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan. Daunnya mengandung menthol dan zat fitokimia lain yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh.
Itu mengapa daun mint kerap dijadikan bahan baku dalam berbagai industri. Mulai dari industri makanan, kosmetik, farmasi, hingga produk pembersih rumah tangga.
Apa saja khasiat daun mint untuk kesehatan?

Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi khasiat daun mint untuk kesehatan. Foto: Pexels.
Dikutip dari buku 378 Jus & Ramuan Herbal Tumpas Penyakit Ringan sampai Berat oleh Budi Sutomo (2016), daun mint kaya akan menthol yang memberikan aroma segar serta citarasa dingin saat dikonsumsi.
Selain itu, tanaman mint juga mengandung vitamin C, vitamin A, fosfor, kalsium, potasiu, dan zat besi. Kandungan dari berbagai vitamin dan mineral ini sangat baik bagi tubuh apabila dikonsumsi secara cukup.
ADVERTISEMENT
Daun mint juga telah digunakan secara luas dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Berikut beberapa khasiat daun mint untuk kesehatan yang perlu diketahui.

1. Mengatasi mual

Salah satu manfaat daun mint yang paling terkenal adalah mengatasi mual. Aroma menthol yang segar dan rasanya yang dingin-pedas mampu mengurangi sakit kepala dan rasa tidak nyaman yang muncul.

2. Meredakan flu dan batuk

Ekstrak daun mint banyak digunakan untuk obat flu dan batuk. Minyak menthol dalam mint dapat menyegarkan saluran pernapasan sehingga ampuh mengatasi hidung tersumbat.
Selain itu, menthol juga dapat berperan sebagai analgesik dan ekspektoran yang mampu meredakan sakit tenggorokan sekaligus mengencerkan dahak.

3. Mengobati gangguan pencernaan

Dikutip dari jurnal Formulasi dan Evaluasi Sediaan Patch Transdermal Yang Mengandung Ekstrak Daun Mint (Mentha piperita L.) sebagai Antidiare oleh Ahmad Lelo Hasibuan dkk., daun mint mengandung senyawa tanin dan flavonoid yang berperan penting dalam melancarkan sistem pencernaan.
ADVERTISEMENT
Senyawa flavonoid berfungsi untuk menghambat motilitas usus sehingga mencegah terjadinya kram. Sedangkan tanin berkhasiat untuk menciutkan permukaan dan mukosa usus dan melindunginya dari peradangan.

4. Antikanker

Teh dan makanan berbahan dasar daun mint sangat baik dikonsumsi secara berkala. Daun mint mengandung unsur sitotoksik yang dapat digunakan dalam pengembangan agen antikanker.
Dikutip dari jurnal Khasiat Nutrisi dan Kesehatan untuk Mengobati Berbagai Penyakit Termasuk Penyakit Kardiovaskular oleh Saddam Saqib, daun mint memiliki aktivitas sitotoksik terhadap kanker payudara pada manusia.

5. Menyembuhkan jerawat

Ekstrak daun mint juga banyak digunakan dalam produk kecantikan. Menthol pada daun mint berperan sebagai antibakteri yang tak hanya mampu menyembuhkan peradangan, tapi juga ampuh dalam mencegah penyebaran bakteri penyebab jerawat.
(GLW)