News
·
12 Juli 2021 16:09
·
waktu baca 2 menit

Kumpulan Doa Rumah Tangga Bahagia dari Alquran dan Hadist

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Kumpulan Doa Rumah Tangga Bahagia dari Alquran dan Hadist (269227)
searchPerbesar
Ilustrasi rumah tangga bahagia. Sumber: Freepik.com
Membangun bahtera rumah tangga bukan hal yang mudah. Masalah dan rintangan akan sering datang menghampiri. Kuncinya adalah saling percaya, bekerja sama, dan mau menyelesaikan dengan kepala dingin.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, berdoa kepada Allah agar pernikahannya dianugerahi kebahagiaan merupakan usaha yang perlu dilakukan dilakukan. Dengan berdoa kepada Allah, Insyaallah rumah tangga akan selalu berada di jalan Allah.
Allah selalu mengabulkan doa-doa yang dilangitkan oleh hambaNya. Tidak perlu ragu untuk meminta apapun kepada-Nya. Dalam Alquran surat al Baqarah ayat 186 juga dijelaskan:
وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."
ADVERTISEMENT

Kumpulan Doa Rumah Tangga Bahagia

Berdoa menggunakan bahasa apapun memang diperbolehkan, karena terpenting adalah niatnya. Berikut adalah beberapa bacaan doa rumah tangga yang bersumber dari ayat Alquran, hadist, dan jumhur ulama, dikutip dari buku Doa & Zikir Muslimah oleh Tim Redaksi Qultummedia (2017).
1. Doa agar rumah tangga selalu harmonis
Doa ini berasal dari hadist Nabi Muhammad yang diriwayatkan HR. Abu Daud dari Abdullah bin Mas'ud.
اللَّهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِنَا ، وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا ، وَاهْدِنَا سُبُلَ السَّلَامِ ، وَنَجِّنَا مِنْ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ ، وَجَنِّبْنَا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ
Allohumma allif baina qulubina wa ashlih zata bainina wahdina subulas salami wa najjina minadz dzulumati ilan nuri wa jannibnal fawahisya ma dzahara minha wama bathana
ADVERTISEMENT
Artinya: ”Ya Allah, pertautkanlah di antara hati kami, perbaikilah hubungan di antara kami, tunjukkan kami jalan kedamaian, selamatkan kami dari kegelapan menuju kepada terang, jauhkan kami dari semua keburukan, yang tampak maupun yang tidak tampak"
2. Doa agar dijauhkan dari persoalan yang membuat rumah tangga tidak harmonis
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, dia berkata: Di antara doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah
اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ
Allahumma inni a’udzubika min zawali ni’matika wa tahawwuli ‘afiyatik fujaati niqmatik wa jami’i sakhatika
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu.” (HR shohih Muslim dan Abu Daud) .
Kumpulan Doa Rumah Tangga Bahagia dari Alquran dan Hadist (269228)
searchPerbesar
3. Doa ketika merasa marah pada pasangan
ADVERTISEMENT
أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ ذَنْبِيْ ، وَأَذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِيْ ، وَأَجِرْنِيْ مِنَ الشَّيْطَانِ
A‘ûdzubillâhi minasy syaithânir rajîm. Allâhummaghfirlî dzanbî, wa adzhib ghaizha qalbî, wa ajirnî minas syaithâni
Artinya, “Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk. Tuhanku, ampunilah dosaku, redamlah murka hatiku, dan lindungilah diriku dari pengaruh setan.”
4. Doa agar Allah menjadikan keluarga sakinah
Doa ini tercantum dalam Alquran surat Al Ahqaf ayat 15.
رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِىٓ ۖ إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ ٱلْمُسْلِمِينَ
Rabbi auzi'nī an asykura ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa aṣliḥ lī fī żurriyyatī, innī tubtu ilaika wa innī minal-muslimīn
ADVERTISEMENT
Artinya: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri".
5. Doa agara pasangan tetap setia
اَللًّهُمَّ يَا رَ بِّ اَ نْتَ حَسْبِيْ عَلَى فُلَا نَةَ بِنْتِ فُلَانَةَ عَطِّفْ قَلْبَهَا عَلَيَّ وَسَخِّرْ لِىْ قَلْبَهَا وَ ذَلِّلْهَا لِىْ وَحَبِّبْنِىْ اِلَيْهَا حَتَّى تَءْ تِيَ اِلَيَّ خَا ضِعَةً ذَلِيْلَةً مِنْ غَيْرِ مَهْلَةٍ وَاشْغَلْهَا بِمَحَبَّتِىْ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْىءٍ قَدِ يْرٌ.
Allahumma ya Rabbi anta hasbi ala… (sebutkan nama pasangan), athif qalbaha alayya wa sakhirliy qalbaha wa dzalilanliy wa habibniyilaiha hatta ta’ti ilayya khaadhi’an dzalilan min ghairi mahlatin wasygulha bimahabbati innaka ala kulli syai-in qadir,”.
ADVERTISEMENT
Artinya: “Ya Allah ya Tuhanku, Engkaulah yang mencukupi aku kepada… (sebutkan nama pasangan), cenderungkanlah hatinya padaku, dan paksakanlah hatinya untukku serta kasihanilah hatinya untukku serta kasihanilah dia untukku dan cintakanlah aku kepadanya hingga ia datang kepadaku dengan sopan dan menaruh belas kasih tanpa menunda-nunda. Serta, sibukkanlah ia dengan mencintaiku. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas tiap sesuatu,”.
6. Doa Agar Rumah Tangga Diberi Ketaqwaan
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
Wallaziina yaquuluuna Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyaatinaa qurrata a'yuninw waj 'alnaa lilmuttaqiina imaamaa.
Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS Al Furqan: 74)
ADVERTISEMENT
(ULY)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020