kumparan
search-gray
Entertainment3 Juni 2020 12:10

Luhan eks EXO Dikecam Usai Kenakan Rompi Bertuliskan Syahadat

Konten kiriman user
Luhan.jpg
Luhan eks EXO
Mantan personel EXO asal Tiongkok, Luhan tengah menjadi perbincangan hangat publik dunia maya. Namun kali ini bukan soal karyanya, melainkan kontroversi.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Koreaboo, baru-baru ini tersebar foto Luhan mengenakan vest atau rompi berbahan denim. Bila diperhatikan lebih jelas, bagian sebelah kiri rompi tertera tulisan Arab.
Tulisan tersebut merupakan kalimat syahadat 'Asyhadu al la ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah'. Kalimat ini sangat sakral bagi umat Islam yang mana artinya adalah:
"Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah".
Kalimat ini adalah rukun Islam yang pertama dan selalu diucapkan saat seseorang ingin memeluk agama Islam. Maka dari itu, kalimat syahadat tidak bisa dipergunakan sembarangan.
Tak pelak, penampilan Luhan eks EXO langsung menuai kekecewaan hingga kecaman dari banyak orang.
"Apapun itu pilihannya atau style-nya, ini adalah hal yang bodoh. Aku harap mereka menyadari kesalahannya dan lebih berhati-hati," kata akun @Taskyuuw.
ADVERTISEMENT
"Saya sangat kecewa & kesal karena Luhan mengenakan syahadat sebagai aksesori, agama saya BUKAN estetika," sahut @UgotNoJams_RM.
Namun, tidak sedikit juga yang menilai bahwa ini bukan sepenuhnya kesalahan Luhan. Ada desainer di balik pembuatan rompi tersebut dan penata gaya yang memilihkan pakaian untuk Luhan.
Luhan sendiri sempat bergabung bersama EXO-M pada 2012 lalu. Namun pada 2014, Luhan memutuskan hengkang dengan alasan manajemen memberikan perlakuan berbeda antara member Korea dengan Tiongkok.
(ELR)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white