Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.89.0
Konten dari Pengguna
Makna Jumat Agung Bagi Umat Kristen untuk Memeringati Kematian Yesus
13 April 2022 13:30 WIB
·
waktu baca 3 menitTulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Jumat (15/4), seluruh umat Kristen di Indonesia serentak memperingati Jumat Agung sebagai perayaan sengsara dan wafatnya Yesus Kristus. Perayaan ini memiliki makna yang amat mendasar bagi umat Kristiani di mana mereka selalu mengaitkannya dengan pemahaman iman.
ADVERTISEMENT
Pada hari itu, umat Kristen yang mengaku percaya, memakan roti yang diberikan gereja saat upacara Perjamuan Kudus. Dengan memakan jamuan tersebut, warga gereja melibatkan dirinya dengan Yesus yang mati dan bangkit.
Mereka mendapat kekuatan baru serta dikuduskan agar mampu bergumul di tengah pergulatan dunia dengan aneka cobaan dan tantangan. Duduk di Meja Perjamuan menjadi tanda bahwa ia termasuk orang-orang pilihan Tuhan.
Jumat Agung menjadi momen yang tepat untuk mengenang pengorbanan Yesus sebelum dieksekusi di Yerusalem. Apa makna Jumat Agung yang sebenarnya? Untuk mengetahuinya, simaklah penjelasan berikut.
Makna Jumat Agung
Seperti disebutkan di awal, Jumat Agung memiliki makna yang amat mendasar bagi umat Kristiani. Mengutip buku Di Bawah Naungan Gunung Nunusaku karya Dieter Bartels (2017), hal ini terkait peran penting Perjamuan Kudus dalam keselamatan umat yang dipilih oleh Tuhan.
Jumat Agung disebut juga sebagai hari wafatnya Yesus Kristus. Dalam Alkitab dijelaskan bahwa kematian Dia di kayu salib bukanlah sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba.
ADVERTISEMENT
Jalan sengsara dan kematian adalah sesuatu yang dipilih oleh Yesus sendiri. Oleh karena itu, Yesus menolak dengan tegas ketika murid-muridnya berupaya untuk mengurung-Nya dalam tenda di gunung kemuliaan (Mat. 17:1-3).
Ia justru turun dan meninggalkan gunung tersebut untuk menempuh penderitaan di Yerusalem. Beberapa kali murid-murid- Nya diberitahu oleh Yesus, bahwa la harus pergi ke Yerusalem dan minum dari cawan penderitaan di kota itu (Mrk. 8:31, dst.).
Yesus tidak lari dari penderitaan yang dialami, meski terasa amat getir dan pahit. Ini karena Ia memiliki komitmen untuk taat kepada perintah Bapa.
Hujatan serta cemoohan turut melengkapi penderitaan Yesus di kayu salib. Mahkota duri ditaruh di atas kepala-Nya, sebatang buluh diletakkan pada tangan kanan-Nya, lalu orang mengejek Yesus, meludahi-Nya, dan memukul kepala Yesus dengan buluh tersebut.
Penderitaan dan kesengsaraan Yesus menjadi lengkap ketika orang-orang mengejek Dia: "Jika Engkau anak Allah, turunlah dari salib itu!" (Mat. 27:40). "Orang lain la selamatkan tetapi diri sendiri tidak dapat la selamatkan!" (Luk. 23:35, dst.).
ADVERTISEMENT
Yesus tidak menyerah atas sindiran yang penuh sarkastis, cemooh, dan hujatan tersebut. la tegar dan tidak mundur. Pilihannya tidak berubah, jalan kematian mesti ditempuh, supaya manusia mengalami perspektif masa depan.
Dijelaskan dalam buku Menjadi Gereja di Tengah Dunia yang Terluka karya Weinata Sairin (2020), kematian Yesus adalah kematian yang nyata dan faktual. la merasakan kesepian dan kesendirian ketika berhadapan dengan kematian, sehingga kemanusiaan-Nya mengaduh: "Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?" (Mat. 27:46).
Dalam momen perayaan Jumat Agung ini umat Kristen diharapkan lebih memaknai kematian Yesus dengan penuh keimanan. Sehingga, mereka paham atas jalan kesengsaraan yang ditempuh Yesus untuk mejemput kematian-Nya.
(MSD)