Memahami Apa Itu Manhaj Salaf dan Prinsip-prinsipnya

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
21 Januari 2021 14:04
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Memahami Apa Itu Manhaj Salaf dan Prinsip-prinsipnya (52072)
searchPerbesar
Ilustrasi manhaj salaf. Foto: Pixabay
Manhaj salaf dan salafi bukan istilah asing bagi umat Islam. Meski demikian, terdapat segelintir orang yang belum memahami apa itu manhaj salaf.
ADVERTISEMENT
Secara bahasa, manhaj artinya 'sebuah jalan yang terang lagi mudah'. Sedangkan salaf dalam Qomus Al Muhith tulisan Fairuz Abadi diartikan sebagai 'setiap amalan shalih yang telah lalu; segala sesuatu yang terdahulu; setiap orang yang telah mendahului'.
Secara istilah, salaf merujuk pada para imam terdahulu yang hidup pada tiga abad pertama Islam, dari para sahabat Rasulullah SAW, tabiin (murid-murid sahabat) dan tabi’ut tabiin (murid-murid tabiin). Ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW:
“Sebaik-baik umat adalah generasiku, kemudian sesudahnya, kemudian sesudahnya” (HR. Bukhari-Muslim).

Pengertian Manhaj Salaf

Dari definisi-definisi yang telah diterangkan sebelumnya, maka manhaj salaf secara sederhana dapat dipahami sebagai jalan yang terang sesuai kaidah agama berdasarkan pemahaman para sahabat Rasulullah SAW.
ADVERTISEMENT
Kemudian muncullah istilah salafi, yaitu sebutan untuk orang yang menyatakan diri sebagai muslim yang berupaya mengikuti ajaran Alquran dan hadits sesuai dengan pemahaman ulama al-Salaf.
Memahami Apa Itu Manhaj Salaf dan Prinsip-prinsipnya (52073)
searchPerbesar
Alquran. Foto: Pixabay
Imam al-Safarini mengatakan bahwa yang dimaksud mazhab salaf adalah apa yang berjalan di atasnya para sahabat yang mulia, orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik (tabi’in), tabi’ul tabi’in, para imam Islam yang diakui keimanan mereka dan dikenal besar peranannya dalam Islam, serta diterima ucapannya oleh kaum muslimin generasi demi generasi.
Saat ini salafi kerap dikaitkan dengan pemikiran yang mencoba memurnikan kembali perintah Alquran dan ajaran yang dibawa Rasulullah secara literal dari berbagai hal yang bid'ah (tidak dilakukan Rasul), khurafat, dan syirik dalam Islam. Salah satu rujukan utama kaum salafi adalah mazhab Ahmad bin Hambali.
ADVERTISEMENT

Prinsip-prinsip Faham Salafi

Mengutip dari jurnal Manhaj Salafiyah tulisan Muhammaddin, berikut ini adalah beberapa prinsip manhaj salaf:
  • Sumber rujukan memahami aqidah dalam manhaj salaf ada tiga, yaitu Alquran, Hadits, dan Ijma’ salaful shalih.
  • Wajib menaati pemimpin kaum muslimin selama mereka tidak memerintahkan untuk berbuat maksiat. Jika sebaliknya, umat Islam tidak boleh menaatinya, namun tetap wajib taat dalam kebenaran lainnya.
Memahami Apa Itu Manhaj Salaf dan Prinsip-prinsipnya (52074)
searchPerbesar
Ilustrasi berdoa. Foto: Freepik
  • Dalam masalah pengkafiran, manhaj salaf berpendapat bahwa tidak boleh mengkafirkan seseorang atau kelompok dengan sembarangan. Prinsip yang dipegang adalah tidak mengkafirkan seorangpun dari kaum muslim kecuali apabila dia melakukan perbuatan yang membatalkan aqidah atau keimanan dan keislaman.
  • Al-wala’ wal bara’. Setiap muslim yang beragama dengan prinsip aqidah ini wajib mencintai orang-orang yang memegang teguh aqidah Islam dan berpaling dari orang-orang yang memusuhi aqidah Islam.
  • Amar makruf nahi mungkar. Berisi perintah menegakkan yang benar dan mencegah yang salah. Al- ma’ruf adalah semua ketaatan kepada Allah satu-satunya, mengikhlaskan ibadah itu hanya kepada-Nya, dan kemudian ketaatan lainnya baik yang wajib maupun yang sunnah. Sedangkan al-munkar adalah semua yang dilarang Allah dan Rasul-Nya, termasuk di dalamnya kemaksiatan dan kebid’ahan. Adapun kemunkaran yang paling besar adalah syirik kepada Allah.
ADVERTISEMENT
(ERA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020