Memahami Arti Information Literacy dan Manfaatnya dalam Kehidupan

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
7 Maret 2024 11:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi pengertian information literacy. Foto: Pexels.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengertian information literacy. Foto: Pexels.
ADVERTISEMENT
Information literacy merupakan salah satu keahlian yang perlu dimiliki setiap orang di era digital. Jika diterjemahkan secara sederhana, information literacy adalah kemampuan membaca informasi.
ADVERTISEMENT
Di era digital, informasi mengalir begitu cepat sehingga kerap membuat seseorang kesulitan memilah dan mengolahnya secara kritis. Diperlukan literasi informasi yang cukup untuk menghadapi situasi tersebut.
Dengan literasi informasi, seseorang dapat mengenali kebutuhan informasi, mencari, mengevaluasi, dan menerapkannya untuk keperluan sehari-hari.

Pengertian Information Literacy

Ilustrasi pengertian information literacy. Foto: Unsplash.
Literasi informasi sangat penting untuk perkembangan individu maupun kelompok. Keterampilan ini menjadi kunci penting dalam meningkatkan pembangunan ekonomi, pendidikan, hingga pelayanan kesehatan suatu negara.
Dikutip dari buku Literasi Informasi Sniper Internet untuk Netizens oleh R. Sapto Wibowo (2018), literasi informasi adalah keterampilan seseorang dalam mencari, menyimpan, dan menggunakan informasi untuk memecahkan masalah yang dihadapinya.
Information literacy juga dapat dimaknai sebagai serangkaian keterampilan untuk mengidentifikasi, menemukan, mengevaluasi, menyusun, menciptakan, menggunakan dan mengkomunikasikan informasi kepada orang lain untuk menyelesaikan dan mencari jalan keluar atas suatu masalah.
ADVERTISEMENT
UNESCO dalam Information for All Programme menjabarkan beberapa kemampuan literasi informasi yang perlu dimiliki seseorang. Berikut rinciannya:
Selain lima keahlian di atas, berikut keterampilan literasi informasi lainnya yang juga harus dikuasai:

Manfaat Information Literacy

Ilustrasi pengertian information literacy. Foto: Unsplash.
Kemampuan literasi informasi mempunyai berbagai manfaat dalam kehidupan sehari-hari, yakni:

1. Membantu Pengambilan Keputusan

Information Literacy memungkinkan seseorang mengumpulkan dan mengevaluasi informasi dengan cermat. Dengan begitu, seseorang dapat membuat keputusan yang cepat dan tepat dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan sehari-hari.
ADVERTISEMENT

2. Mencegah Penyebaran Informasi Palsu

Di era digital saat ini, informasi palsu atau tidak akurat dapat ditemukan di mana saja. Literasi informasi membantu seseorang untuk lebih kritis terhadap informasi yang diterima sehingga mengurangi risiko penyebaran berita palsu atau misleading.

3. Mendukung Pengembangan Keterampilan Hidup

Kemampuan untuk mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi dengan efektif adalah keterampilan yang berharga. Ini dapat mendukung perkembangan pribadi, profesional, dan sosial seseorang.
(GLW)