Mom
·
19 Juli 2021 13:00
·
waktu baca 2 menit

Mengapa Permainan Kuda Kudaan dapat Membantu Memperkuat Tangan dan Kaki?

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Mengapa Permainan Kuda Kudaan dapat Membantu Memperkuat Tangan dan Kaki? (52817)
searchPerbesar
Ilustrasi bermain kuda-kudaan. Foto: iStock
Ada banyak permainan anak-anak yang dapat dijadikan sebagai kegiatan olahraga. Salah satunya adalah permainan kuda kudaan yang dapat membantu memperkuat tangan dan kaki.
ADVERTISEMENT
Permainan kuda-kudaan dapat dimainkan minimal oleh dua orang anak. Tidak perlu tempat yang luas untuk memainkannya. Permainan ini bisa dimainkan di halaman yang kecil maupun di dalam ruangan.
Selain memperkuat otot dan melatih perkembangan motorik anak, permainan kuda-kudaan juga dapat membantu mereka mengekspresikan imajinasinya dengan menjadi penunggang kuda.
Untuk mendukungnya, orangtua dapat menyediakan berbagai benda, seperti pistol mainan, topi, kayu, atau apapun yang dapat menggambarkan atribut seorang koboi.
Cara memainkannya pun cukup sederhana karena tidak perlu mengikuti aturan tertentu. Anak bebas mengekspresikan imajinasinya. Anak yang berperan sebagai kuda menunggangi anak yang memerankan koboi.
Anak yang menjadi kuda akan bertingkah laku seperti kuda, misalnya mengeluarkan suara kuda yang khas. Sedangkan, anak yang berperan sebagai koboi dapat berpura-pura menembaki koboi yang lainnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, permainan kuda-kudaan juga bisa dilombakan. Misalnya, anak yang menjadi kuda menggendong temannya dari garis start. Saat diberi aba-aba, berjalan atau berlarilah sampai garis finish. Pasangan yang mencapai garis finish lebih dahulu menjadi pemenangnya.

Permainan Kuda Kudaan dapat Memperkuat Otot

Mengapa Permainan Kuda Kudaan dapat Membantu Memperkuat Tangan dan Kaki? (52818)
searchPerbesar
Ilustrasi bermain kuda-kudaan. Foto: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas III SD
Seperti yang telah dijelaskan, permainan kuda-kudaan dapat dimanfaatkan sebagai kegiatan olahraga bagi anak. Pasalnya, permainan ini membutuhkan kekuatan otot, khususnya tangan dan kaki.
Dengan bermain kuda-kudaan, tangan dan kaki dilatih untuk menahan beban. Di mana tangan mengangkat beban sementara kaki menahan keseimbangan tubuh. Maka, jika dilakukan secara rutin dan benar, permainan ini dapat membantu memperkuat otot tangan dan kaki.
Untuk memainkannya, anak harus memiliki badan yang bugar, sehat, dan kuat. Karena itu, sebaiknya anak rajin makan makanan yang bergizi, tidur yang cukup, dan rajin berolahraga. Selain itu, kerja sama dan konsentrasi antara yang menggendong dan yang digendong juga sangat diperlukan dalam permainan ini.
ADVERTISEMENT
Dengan bermain kuda-kudaan, kekuatan otot tangan dan kaki semakin meningkat sehingga ikut memperkuat sendi-sendi. Dengan begitu, tubuh akan tetap bugar dan sehat serta bisa mencegah dari kemungkinan timbulnya cedera.
(ADS)