Mengenal Arti Vintage dan Maknanya di Masa Kini

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
12 Oktober 2023 19:03 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi barang vintage. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi barang vintage. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Vintage artinya berhubungan dengan hal-hal dari masa lalu yang memiliki nuansa keindahan. Kata vintage adalah sebuah adjektif, yang biasanya dilekatkan pada barang atau kenangan tertentu.
ADVERTISEMENT
Kata vintage umum digunakan di masa kini. Biasanya, kata vintage digunakan untuk mendeskripsikan kondisi suatu barang yang sudah lama. Misalnya, kamera vintage, sepeda vintage, arloji vintage, dan lain-lain.
Lalu, dari mana asal-usul kata vintage? Dalam konteks apa saja kata ini dapat digunakan? Simak penjelasannya dalam artikel di bawah.

Makna Kata Vintage

Ilustrasi barang vintage. Foto: Unsplash
Kata vintage sebenarnya berkaitan dengan anggur dan wine. Dalam Kamus Oxford, dijelaskan bahwa vintage adalah kata sifat atau adjektif yang artinya “berkaitan dengan atau menunjukkan anggur berkualitas tinggi”.
Vintage cocok mendeskripsikan sifat wine, karena kualitasnya yang diyakini semakin baik jika semakin lama atau tua.
Dalam buku Wine A Tasting Course: From Grape to Glass oleh Marnie Old (2021), dijelaskan bahwa wine akan terasa lebih enak seiring bertambahnya usia.
ADVERTISEMENT
Hal ini dikarenakan adanya reaksi kimia kompleks yang terjadi antara gula, asam, dan zat yang dikenal sebagai senyawa fenolik. Seiring berjalannya waktu, reaksi kimia ini dapat memengaruhi rasa anggur sehingga menghasilkan rasa yang nikmat.
Layaknya wine, vintage artinya sesuatu yang memiliki kualitas dan nilai yang tinggi meskipun sudah disimpan bertahun-tahun. Semakin lama, barang vintage tersebut justru terus naik nilainya, dan semakin menarik untuk dimiliki.
Istilah vintage juga digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang memiliki kualitas atau karakteristik terbaik karena dibuat atau diproduksi oleh orang tertentu di masa lalu.
Misalnya, lagu-lagu vintage Elvis Presley, gaun vintage Jonny Herb, dan lukisan vintage Van Gogh. Artinya, meskipun sudah lama diproduksi, tapi hal-hal tersebut memiliki nilai yang tinggi.
ADVERTISEMENT
Nilai yang tinggi dari barang-barang vintage disebabkan karena nilai estetika dan sejarah tertentu yang dimiliki. Nilai inilah yang membuat barang vintage diminati oleh para kolektor, pecinta mode, atau orang-orang yang menghargai barang-barang klasik.
Lalu, seberapa lama sebuah barang harus bertahan untuk bisa disebut vintage? Tentunya, tidak ada aturan resmi mengenai hal ini. Namun, jika memakai konteks tahun 2023, maka barang-barang dari sebelum tahun 90-an bisa disebut vintage.

Barang Vintage yang Bisa Dikoleksi

Ilustrasi barang vintage. Foto: Unsplash
Barang-barang yang bersifat vintage biasanya akan menjadi incaran kolektor.
Selain memiliki nilai yang tinggi, barang vintage juga langka dan jarang ditemukan. Barang ini didapatkan dari masa lalu dan tidak lagi diproduksi di masa kini.
ADVERTISEMENT
Di bawah ini adalah beberapa barang vintage yang bisa dikoleksi, dirangkum dari majalah Argos Catalogue 1989 -1990 Old Vintage Book:
(TAR)