Mengenal Morfologi, Cabang Biologi yang Mempelajari Bentuk Luar Makhluk Hidup

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
19 Agustus 2021 15:32
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mengenal Morfologi, Cabang Biologi yang Mempelajari Bentuk Luar Makhluk Hidup (2353)
zoom-in-whitePerbesar
Begonia enoplocampa. Foto: Wisnu Handoyo Ardi/LIPI
Cabang biologi yang mempelajari bentuk luar makhluk hidup adalah morfologi. Selain pada manusia, ilmu morfologi juga diterapkan pada tumbuhan.
ADVERTISEMENT
Morfologi pada tumbuhan secara khusus mempelajari bentuk fisik dan struktur tubuh luarnya. Mengutip buku Karakteristik Morfologi Tumbuhan oleh Angreni Beaktris Lionokas, M.Si., kata morfologi berasal dari bahasa Latin morphologi (morphus: bentuk, logos: ilmu).
Ilmu morfologi tumbuhan pertama kali diperkenalkan oleh seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman, Johann Wolfgang Von Goethe (1970) dengan konsep Urpflan. Kemudian konsep ini mengalami pengembangan menjadi semakin kompleks.
Agar lebih memahaminya, simak penjelasan tentang morfologi tumbuhan berikut ini.

Morfologi Tumbuhan

Tumbuhan memiliki bagian-bagian yang khas, yaitu akar, batang, daun, dan bunga. Bagian-bagian tersebut digolongkan menjadi dua, yaitu organ primer (akar, batang, daun) dan organ sekunder (bunga, biji, buah).
Mengenal Morfologi, Cabang Biologi yang Mempelajari Bentuk Luar Makhluk Hidup (2354)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pohon pisang. Foto: Pixabay
1. Akar
Akar pada tumbuhan sifatnya sangat penting. Mengutip buku SUPER 100: Aku Juara Kelas oleh Tumijan P, akar berperan sebagai pondasi sebuah tumbuhan yang tumbuh menjalar di bawah permukaan tanah.
ADVERTISEMENT
Beberapa fungsi akar tumbuhan adalah menyerap air dan garam-garam mineral, memperkokoh tegaknya tanaman, alat respirasi, penyimpan cadangan makanan, dan alat perkembangbiakan vegetatif. Sedangkan jenis-jenisnya yaitu akar tunggang, akar serabut, akar gantung, akar tunjang, akar napas, dan akar pelekat.
2. Batang
Batang dapat diumpamakan sebagai sumbu dari tubuh tumbuhan. Pada umumnya batang tumbuh di atas tanah dengan arah yang berlawanan dengan gaya tarik bumi. Batang tumbuhan dapat digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu batang basah, batang berkayu, dan batang rumput.
3. Daun
Daun merupakan bagian tumbuhan yang hanya tumbuh dari batang. Daun biasanya berbentuk tipis melebar dan berwarna hijau. Warna hijau itu disebabkan karena adanya klorofil, yaitu zat hijau daun. A
Daun yang lengkap memiliki bagian-bagian berupa pelepah, tangkai, dan helai daun. Bagian-bagian daun terdiri atas tulang daun, helai daun, tangkai daun, dan pelepah daun.
Mengenal Morfologi, Cabang Biologi yang Mempelajari Bentuk Luar Makhluk Hidup (2355)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi daun sirih. Foto: Shutter stock
Bagian daun yang umumnya paling kelihatan adalah helai daun. Bentuknya dipengaruhi oleh susunan tulang daun yang terdiri atas tulang daun menyirip, tulang daun menjari, tulang daun melengkung, dan tulang daun sejajar.
ADVERTISEMENT
Jika dilihat dari jumlah daunnya, daun dibagi menjadi dua, yaitu daun majemuk dan daun tunggal. Daun majemuk adalah daun yang mempunyai beberapa helai daun pada tiap tangkai daunnya. Daun tunggal adalah daun yang mempunyai satu helai daun pada tiap tangkai daunnya.
4. Bunga
Bunga merupakan alat perkembangbiakan pada tumbuhan. Bunga mempunyai bagian-bagian tertentu yang sangat penting untuk perkembangbiakan tumbuhan.
Bunga yang telah mengalami penyerbukan akan tumbuh menjadi buah dan biji yang kemudian tumbuh menjadi tumbuhan baru. Mengutip buku IPA 4 Untuk SD/MI Kelas IV karya Endang Susilowati, bunga sempurna memiliki lima bagian, yaitu tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, dan putik.
(MSD)
Apa yang dimaksud dengan morfologi?
chevron-down
Siapa ilmuwan yang pertama kali memperkenalkan konsep morfologi tumbuhan?
chevron-down
Struktur tumbuhan terdiri dari apa saja?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020