News
·
26 Januari 2021 17:42

Mengenal Pengertian dan Dasar-dasar Iman Kristen

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Mengenal Pengertian dan Dasar-dasar Iman Kristen  (140985)
Ilustrasi Salib Foto: Unsplash
Iman Kristen menjadi hal yang harus dimiliki oleh umat Kristen. Iman juga menjadi syarat untuk mendapat keselamatan dari Tuhan Yesus Kristus. Tanpa iman, kehidupan rohani akan mati dan seseorang tidak dapat berkenan di hadapan Allah.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, iman bukanlah jalan keselamatan. Satu-satunya jalan keselamatan hanya pada Sang Juru Selamat, Yesus Kristus. Iman hanyalah sarana untuk mendapatkan anugerah keselamatan dari Tuhan Yesus.
Pada dasarnya, iman Kristen adalah keyakinan yang diajarkan oleh Yesus Kristus. Iman Kristen merupakan tindakan percaya dan penyangkalan diri. Di mana seseorang tidak lagi mengandalkan kekuatan sendiri, namun hanya bergantung kepada Yesus.
Di sisi lain, iman Kristen digambarkan sebagai dasar dari semua harapan. Selain itu, iman juga menjadi bukti untuk sesuatu yang tidak bisa dilihat secara jasmani.
Hal ini terkandung dalam Alkitab, tepatnya injil Ibrani 11:1 yang berbunyi:
"Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat."
ADVERTISEMENT
Ada beberapa hal yang mendasari iman Kristen. Salah satunya adalah kepercayaan terhadap Yesus Kristus. Berikut adalah dasar-dasar dari iman Kristen.
Mengenal Pengertian dan Dasar-dasar Iman Kristen  (140986)
Ilustrasi Alkitab, ktiab suci umat Kristen Foto: Unsplash

Pendiri yang Dapat Dipercaya

Dasar iman Kristen yang pertama adalah pendiri yang dapat dipercaya. Pendiri aliran Kristen adalah Yesus Kristus. Di mana Yesus datang ke bumi untuk menggenapi nubuat yang dimuat dalam Alkitab, yakni menebus dosa manusia dengan mati di kayu salib.

Kitab Suci Dapat Dipercaya

Dasar iman Kristen berikutnya adalah kitab suci, yakni Alkitab yang dapat dipercaya. Melansir GBI Karang Anyar, Alkitab ditulis oleh lebih dari 40 orang yang berbeda dalam jangka waktu 1500 tahun.
Alkitab memiliki 66 kitab yang terdiri dari 39 Perjanjian Lama dan 27 Perjanjian Baru. Kitab ini memuat kisah pewartaan, mujizat, hingga keselamatan dari Tuhan Yesus Kristus.
ADVERTISEMENT

Penjelasan Sangat Jelas Tentang Kehidupan

Ajaran Kristen yang dimuat dalam Alkitab menjelaskan banyak hal dalam kehidupan. Mulai dari penderitaan, kematian keselamatan, pekerjaan, hingga fenomena sosial dalam masyarakat.

Warta Utama yang Mendasar

Kristen memiliki warta utama mendasar yang dibawa oleh Yesus Kristus. Warta tersebut adalah kedatangan Yesus Kristus yang kedua kalinya untuk menjemput umat-Nya. Selain itu, Yesus juga memiliki misi untuk melepaskan manusia dari jerat dosa dan maut dengan mengorbankan diri-Nya di kayu salib.
(GTT)