News
·
9 April 2021 11:50

Mengenal Sapiosexual, Ketertarikan Seksual Terhadap Kecerdasan

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Mengenal Sapiosexual, Ketertarikan Seksual Terhadap Kecerdasan (3752)
Ilustrasi pasangan foto: Unsplash
Sapiosexual merupakan salah satu bentuk ketertarikan seksual yang bisa dialami oleh seseorang. Ketertarikan ini seringkali dipandang sebagai perpaduan dari orientasi dan fetish, kepuasan seksual dari objek yang bukan merupakan genital.
ADVERTISEMENT
Mengutip situs Seventeen, sapiosexual bisa dialami oleh berbagai identitas seksual, termasuk heteroseksualitas, homoseksualitas, panseksualitas, aseksualitas, demiseksualitas, dan lainnya.

Apa Itu Sapiosexual?

Mengutip situs Merriem Webster, sapio berasal dari kata kerja Latin, yaitu sapere yang artinya menjadi bijak atau memiliki akal sehat. Ini juga menjadi akar dari kata-kata bahasa Inggris seperti sage, savant, savvy, atau sapient.
Secara umum, sapiosexual adalah ketertarikan secara seksual kepada seseorang yang cerdas. Dengan kata lain, pengidap sapiosexual memandang kecerdasan sebagai sesuatu yang mampu membangkitkan gairah seksual.
Pengidap sapiosexual merasa tertantang dengan cara pikir orang lain, sebab mereka mencintai pikiran. Mereka berpikir bahwa kecerdasan adalah hal yang paling menarik dibanding penampilan atau kepribadian pasangan.
Biasanya, orang yang mengidap sapiosexual akan berkencan dengan sapiosexual lainnya. Itu karena mereka tertarik dengan kecerdasan satu sama lain. Selain itu, mereka juga bisa memenuhi kepuasan terkait kecerdasan dengan lebih mudah.
Mengenal Sapiosexual, Ketertarikan Seksual Terhadap Kecerdasan (3753)
Ilustrasi pasangan foto: Unsplash

Ciri-ciri Sapiosexual

Seseorang yang tergolong sebagai sapiosexual bisa dilihat dari beberapa karakteristik tertentu. Berikut adalah ciri-ciri sapiosexual yang dikutip dari situs Mind Body Green dan Times of India:
ADVERTISEMENT
Menyukai Tantangan
Orang yang mengidap sapiosexual sangat menyukai tantangan. Mereka lebih suka menghabiskan waktu dengan memecahkan teka-teki atau tantangan rumit lainnya dibanding kegiatan romantis. Pasalnya, tantangan tersebut dapat membuat mereka terangsang secara mental.
Komunikator Brilian
Umumnya, orang yang tergolong sebagai sapiosexual adalah komunikator brilian. Mereka juga terangsang oleh teks, perspektif, dan jawaban yang cerdas.
Merasa Hidup dengan Percakapan Intelektual
Mereka yang mengidap sapiosexual merasa hidup dengan percakapan intelektual. Misalnya, perdebatan politik, diskusi masalah lingkungan, atau diskusi sastra. Percakapan tersebut membuat mereka bersemangat untuk berhubungan secara seksual.
Tertarik dengan Empati
Tidak hanya fokus dengan kecerdasan, pengidap sapiosexual juga tertarik dengan seseorang yang penuh kasih, empati, dan rendah hati. Bagi mereka, kemampuan untuk memahami orang lain dengan baik adalah sebuah ciri kecerdasan.
ADVERTISEMENT
(GTT)
Apa Itu Sapiosexual?
chevron-down
Siapa Saja yang Bisa Mengidap Sapiosexual?
chevron-down
Ciri-ciri Sapiosexual
chevron-down