Mengenal Shiki Fujin, Jutsu Pemanggil Dewa Kematian di Serial Anime Naruto

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
3 Januari 2023 13:49 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kakashi, tokoh di naruto. Foto: R.Rana/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kakashi, tokoh di naruto. Foto: R.Rana/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Shiki fujin merupakan salah satu jurus terlarang dalam serial anime Naruto. Jutsu ini diciptakan pertama kali oleh klan Uzumaki.
ADVERTISEMENT
Teknik shiki fujin dapat ditemui pada momen-momen ikonik. Misalnya saat penyegelan Kurama dan kebangkitan empat hokage oleh Orochimaru.
Hanya orang-orang tertentu yang bisa menggunakan teknik ini. Mengutip situs Naruto Fandom, shiki fujin masuk dalam kelas fuinjutsu yang dikenal sebagai jutsu penyegelan.
Jurus ini bisa memindahkan jiwa seseorang ke alam dan objek lain. Agar lebih memahaminya, berikut penjelasan tentang shiki fujin selengkapnya untuk Anda.

Jurus Shiki Fujin di Serial Anime Naruto

Ilustrasi naruto. Foto: pixabay
Shiki fujin termasuk jurus terlarang yang sangat dirahasiakan. Tidak sembarangan orang bisa menggunakannya untuk memenuhi tujuan tertentu.
Salah satu klan uzumaki yang bisa menggunakan teknik ini yaitu Minato. Ia menggunakan teknik tersebut untuk menyegel jiwa kurama dalam tubuh Naruto.
Cakra Yin milik Kurama dibawa mati bersamanya, sedangkan cakra Yang milik kurama dipindahkan ke dalam tubuh Naruto. Alhasil, Naruto pun menjadi Jincurichi yang mampu menampung jiwa seekor biju.
ADVERTISEMENT
Selain memindahkan jiwa ke dalam objek, jurus shiki fujin juga dapat mengambil jiwa seseorang ke alam lain. Jurus yang dikenal dengan sebutan pemanggil Dewa Kematian ini mampu membawa jiwa seseorang terjebak di perut Shinigami.
Orang yang dikenai jurus shiki fujin tidak akan masuk ke alam akhirat. Sehingga, ia pun tidak bisa dibangkitkan atau dihidupkan kembali dengan jurus Edo Tensei.
Meski termasuk jurus sakti, shiki fujin tetap memiliki kelemahan. Jurus ini memungkinkan korban dan penggunanya kehilangan nyawa dan terjebak di perut Shinigami.
Ilustrasi orochimaru. Foto: pixabay
Namun, Orochimaru menggunakan jurus shiki fujin dengan cara yang berbeda. Ia menggunakan jurus ini untuk mengeluarkan jiwa yang terjebak di dalam perut Shinigami.
Pada momen tersebut, Orochimaru membangkitkan empat hokage yang sudah mati akibat jurus shiki fujin itu sendiri. Keempat hokage tersebut antara lain Hashirama Senju, Tobirama Senju, Hiruzen Sarutobi, dan Minato.
ADVERTISEMENT
Hebatnya, Orochimaru tidak mati setelah menggunakan teknik shiki fujin. Ia langsung berpindah tubuh sebelum tubuh pertamanya mati.
Dijelaskan dalam situs Anime Magic, teknik shiki fujin bisa digunakan melalui topeng Dewa Kematian. Topeng tersebut bisa menjadi mediasi untuk memanggil Shinigami.
Nantinya, pengguna akan dirasuki oleh Shinihami dan jurus shiki fujin pun dapat digunakan. Menurut beberapa sumber, jurus shiki fujin hanya bisa digunakan dalam jarak dekat.
Itu mengapa, posisi Hiruzen sangat dekat dengan tubuh Edo Tensei milik Hashirama dan Tobirama saat ia ingin membangkitkannya. Jarak yang diperlukan untuk mengaktifkan jurus ini yaitu sekitar 5 meter.
Namun, terdapat pengecualian bagi Minato. Sebab, ia bisa menggunakannya untuk menyegel Kurama dengan jarak yang jauh. Jadi, penjelasan tentang batasan jarak ini masih dipertanyakan oleh sebagian orang.
ADVERTISEMENT
(MSD)