Pembukaan CPNS 2024 Bulan Apa? Ini Jadwalnya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
19 Februari 2024 10:41 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Peerintah telah mengumumkan bahwa seleksi CPNS akan kembali dibuka pada tahun 2024. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Peerintah telah mengumumkan bahwa seleksi CPNS akan kembali dibuka pada tahun 2024. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
Peerintah telah memastikan bahwa seleksi CPNS akan kembali dibuka pada tahun 2024. Bagi yang berniat mendaftar, penting untuk mengetahui informasi pembukaan CPNS tahun 2024 bulan apa agar dapat mempersiapkan diri.
ADVERTISEMENT
Seleksi CPNS adalah proses seleksi untuk memilih Calon Pegawai Negeri Sipil yang digelar oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI. Seleksi ini diharapkan dapat menjaring individu-individu berkualitas dan memiliki kemampuan untuk mengisi posisi-posisi di berbagai instansi.
Informasi mengenai kapan seleksi CPNS tahun 2024 dibuka sudah sempat diumumkan. Bagi yang belum tahu, simak jadwal pembukaan CPNS tahun 2024 di bawah ini!

Pembukaan CPNS Tahun 2024

Pembukaan CPNS tahun 2024 bulan apa? Periode pertama dimulai pada minggu ketiga bulan Maret 2024 Foto: Pexels.com
Menurut informasi dalam laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2024 akan dibuka dalam beberapa periode.
Pengumuman dan seleksi administrasi untuk periode pertama akan dimulai pada minggu ketiga bulan Maret 2024. Lalu untuk periode kedua, pengumuman dan seleksi administrasi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dilakukan pada bulan Juni 2024.
ADVERTISEMENT
Untuk periode ketiga, pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024.
Jadwal penerimaan CPNS tahun 2024 ini telah ditetapkan secara resmi oleh pemerintah. Diharapkan informasi ini dapat memberikan waktu yang cukup bagi para calon untuk mempersiapkan diri dengan baik.
Penting untuk diingat bahwa jadwal pembukaan seleksi CPNS bisa saja mengalami perubahan. Jadi, jangan lupa untuk selalu memantau informasi terbaru di website atau laman resmi pemerintah BKN.

Formasi CPNS Tahun 2024

Pada tahun 2024, pemerintah akan membuka rekrutmen CPNS dengan total formasi sebanyak 2,3 juta. Foto: Pexels.com
Pada tahun 2024, Pemerintah Indonesia berencana membuka rekrutmen CPNS dengan total formasi sebanyak 2,3 juta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 690.000 formasi akan diisi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 1,6 juta formasi untuk PPPK.
ADVERTISEMENT
Pemerintah memberikan kesempatan besar bagi lulusan baru atau fresh graduate dengan kuota 690.000 formasi. Rinciannya, 207.000 untuk instansi pemerintah pusat dan 483.000 kuota untuk instansi daerah.
Tujuan dari pembagian kuota ini adalah memperbarui tenaga kerja di sektor publik dengan melibatkan generasi muda yang memiliki energi dan ide segar untuk memajukan pelayanan publik di Indonesia.
Selain itu, pemerintah juga akan menyelesaikan penataan non-ASN berdasarkan database BKN dengan membuka sebanyak 1,6 juta formasi yang belum diangkat sebagai PPPK. Formasi ini akan dialokasikan untuk posisi guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan di berbagai sektor.
Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan, pelayanan kesehatan, serta dukungan teknis di seluruh Indonesia.
ADVERTISEMENT
(SAI)