Pendaftaran Ditutup, Ini Tahapan Seleksi Beasiswa SEMESTA 2024

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
20 Juni 2024 17:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi beasiswa SEMESTA. Foto: Pexels.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi beasiswa SEMESTA. Foto: Pexels.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pendaftaran beasiswa SEMESTA 2024 telah ditutup pada 18 Juni 2024. Para peserta yang sudah mendaftar harus melalui serangkaian seleksi untuk mendapatkan manfaat program tersebut.
ADVERTISEMENT
Sevima Mencari Siswa Bertalenta (SEMESTA) adalah program beasiswa dari Perusahaan IT Consultant PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA). Beasiswa ini ditujukan untuk masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan S1 dan S2 gratis di bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi.
Penerima beasiswa SEMESTA bisa kuliah gratis di Universitas Bina Nusantara, Universitas Siber Asia, ITS, Universitas Ciputra, hingga Telkom University sampai lulus. Untuk mengetahui lebih jauh tentang tahapan seleksi beasiswa SEMESTA 2024, simak uraian berikut.

Keuntungan Beasiswa SEMESTA 2024

Ilustrasi beasiswa SEMESTA. Foto: Pexels.
Beasiswa SEMESTA 2024 menawarkan kesempatan kuliah gratis hingga lulus. Peserta dapat mengikuti program sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) di perguruan tinggi mitra tanpa membayar biaya sepeser pun.
Mengutip situs SEVIMA, beasiswa tersebut diberikan untuk sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Dengan kata lain, seluruh kegiatan perkuliahan akan dilakukan secara online/daring.
ADVERTISEMENT
Selain mendapat akses pendidikan gratis, penerima beasiswa juga berkesempatan bekerja di SEVIMA serta mendapatkan gaji dan tunjangan setiap bulan.
Dengan demikian, penerima beasiswa bisa langsung mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di kampus saat masuk ke dunia kerja. Tak hanya itu, mereka juga akan belajar dan berkolaborasi dengan para ahli di teknologi.

Tahapan Seleksi beasiswa SEMESTA 2024

Ilustrasi beasiswa SEMESTA. Foto: Shutterstock.
Rangkaian seleksi beasiswa SEMESTA batch 6 tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dikutip dari laman resminya, ada empat tahapan seleksi yang akan dilalui peserta. Berikut rincian seleksi beserta jadwalnya.

1. Ujian CBT

Seleksi pertama beasiswa SEMESTA adalah tes online atau computer based test (CBT). Soal-soal CBT berkaitan dengan peminatan yang dipilih peserta, seperti logika dasar, networking, atau programming.
ADVERTISEMENT
Pada saat tes CBT, peserta disarankan untuk mengerjakan soal dengan laptop atau komputer agar lebih nyaman. Selain itu, pastikan koneksi internet stabil agar ujian berlangsung dengan lancar. CBT SEMESTA 2024 diselenggarakan pada 22-23 Juni 2024.

2. Hackathon

Hackathon adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut kegiatan kompetisi pemrograman. Seleksi hackathon bertujuan untuk mengetahui kemampuan para peserta di bidang teknologi. Tes ini diselenggarakan pada 29-30 Juni 2024.

3. Seleksi Psikotes

Peserta yang lolos seleksi hackathon akan diundang untuk mengikuti psikotes. Tahapan seleksi ini juga diselenggarakan secara online.

4. Wawancara dan Tes Pemahaman Akademik

Wawancara dan Tes Pemahaman Akademik (TPA) merupakan tes akhir dari seleksi SEMESTA 2024. Tes ini dikhususkan untuk pendaftar beasiswa program pascasarjana (S2) saja.
Tahap wawancara dan TPA 2024 diselenggarakan pada 7 Juli 2024. Hasil seleksinya diumumkan di puncak acara beasiswa SEMESTA pada 13 Juli mendatang.
ADVERTISEMENT
(GLW)