News
·
19 November 2020 11:14

Pengaruh Positif dan Negatif MEA Bagi Indonesia

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Pengaruh Positif dan Negatif MEA Bagi Indonesia (70615)
Ilustrasi MEA foto:Kemlu
Indonesia menjadi salah satu dari 10 negara yang tergabung dengan MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN. MEA sendiri merupakan bentuk kerja sama para anggota ASEAN di bidang ekonomi.
ADVERTISEMENT
Melansir Jurnal Menakar Pengaruh Masyarakat Ekonomi Asean 2015 Terhadap Pembangunan Indonesia oleh Atep AbuRofiq, MEA bertujuan untuk menjadikan kawasan ASEAN sebagi tempat produksi kompetitif. Sehingga produk ASEAN dapat bersaing dengan kuat di pasar global, menarik banyak Foreign Direct Investment (FDI), dan meningkatkan perdagangan antar negara ASEAN.
Bentuk kerja sama MEA cukup beragam, mulai dari pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan kapasitas, konsultasi terkait kebijakan makro keuangan serta ekonomi, peningkatan infrastruktur, hingga pengakuan terkait kualifikasi profesional.
Kerja sama yang dilakukan bersama MEA tentunya memberi pengaruh bagi bangsa Indonesia, baik secara positif ataupun negatif.
Berikut adalah pengaruh MEA bagi Indonesia.
Pengaruh Positif dan Negatif MEA Bagi Indonesia (70616)
Logo ASEAN. Sumber: AseanBriefing

Pengaruh Positif

Ekspor Lebih Lancar
Kehadiran MEA mempermudah kegiatan ekspor di Indonesia. Melalui MEA, Indonesia dapat memperluas jangkauan ekspor tanpa biaya dan penahanan barang yang lama di bea cukai. Sehingga barang ekspor bisa sampai ke negara tujuan dengan lebih cepat.
ADVERTISEMENT
Industri Kreatif Semakin Berkembang
Perdagangan internasional menuntut produk yang inovatif, sehingga daya saing semakin ketat. Hal ini membuat Indonesia berupaya melahirkan produk yang lebih kreatif agar mampu bersaing di pangsa pasar internasional.
Peningkatan Investasi
Kerja sama dengan MEA membuka pintu investasi yang semakin lebar untuk Indonesia. Keberadaan MEA mendukung masuknya investasi dari luar, sehingga tingkat perekonomian Indonesia meningkat.

Pengaruh Negatif

Persaingan Lapangan Kerja
Kehadiran MEA mempermudah tenaga kerja asing untuk masuk dan bekerja di Indonesia. Hal ini pun membuat tenaga kerja lokal harus bersaing ketat dengan tenaga kerja dari luar negeri.
Produk Lokal Terancam
Keberadaan MEA pasalnya dapat mengancam produk industri lokal. Sebab, produk industri lokal harus bersaing ketat dengan produk luar negeri yang berkualitas tinggi.
ADVERTISEMENT
Eksploitasi SDA
Kehadiran investasi asing tak hanya memberi dampak positif, namun juga pengaruh negatif. Ini karena investor asing dapat melakukan ekspoitasi terhadap kekayaan sumber daya alam dan manusia di Tanah Air.
(GTT)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white