Bisnis
·
20 November 2020 19:26

Pengertian dan Manfaat Koperasi Simpan Pinjam Bagi Pelaku Usaha

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
:
Pengertian dan Manfaat Koperasi Simpan Pinjam Bagi Pelaku Usaha (118431)
Sumber : dosenpendidikan.co.id
Koperasi merupakan sebuah badan usaha yang dimiliki dan dikelola oleh anggotanya sendiri. Tujuan dibentuknya koperasi ialah untuk memenuhi kebutuhan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya.
ADVERTISEMENT
Koperasi didirikan dengan asas kekeluargaan yang diharapkan dapat memberikan manfaat dan keuntungan bersama. Ini lah yang kemudian membedakan koperasi dengan badan usaha lainnya.
Jenis koperasi beragam, salah satunya adalah koperasi simpan pinjam. Koperasi simpan pinjam merupakan lembaga keuangan bukan bank dengan kegiatan usaha menerima simpanan dan memberikan pinjaman uang kepada anggotanya.
Bunga yang diberikan koperasi simpan pinjam cenderung rendah. Modalnya berasal dari modal pinjaman dan modal sendiri.
Tujuan utama koperasi simpan pinjam tak lain adalah menyejahterakan dan memberikan manfaat untuk para anggotanya. Berikut manfaat dari koperasi simpan pinjam yang wajib kamu ketahui:

Memberikan Pinjaman Modal Usaha

Para pelaku usaha pemula seringkali dihadapkan dengan masalah modal. Budget keuangan yang minim membuat pelaku usaha kebingungan untuk mengajukan pinjaman. Padahal koperasi simpan pinjam bisa menjadi tempat yang tepat.
ADVERTISEMENT
Koperasi simpan pinjam bisa memberikan pinjaman modal bagi anggotanya. Prosesnya pun cenderung lebih sederhana dan tidak rumit jika dibandingkan dengan bank. Ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk mendapatkan modal usaha dengan mudah.

Tempat Penyimpanan Uang Selain Bank

Selama ini kita selalu menyimpan uang di bank. Padahal koperasi juga bisa menjadi tempat penyimpanan uang.
Koperasi simpan pinjam memberikan fasilitas penyimpanan uang untuk anggotanya. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan anggota jika menyimpan uangnya di koperasi.
Yang pertama adalah bunga deposito yang diberikan cenderung lebih tinggi dari bank. Keuntungan kedua, besaran pajak bunga simpanan koperasi cenderung lebih kecil.

Proses Peminjaman yang Mudah

Persyaratan peminjaman di bank biasanya cenderung sulit. Namun tidak dengan koperasi simpan pinjam yang sangat mudah dan sederhana.
ADVERTISEMENT
Bagi anggota yang ingin mengajukan pinjaman hanya perlu melengkapi beberapa persyaratan dokumen saja. Di antaranya yakni fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi rekening listrik, slip gaji dan agunan.
Selanjutnya, anggota yang mengajukan pinjaman diminta membuat proposal tujuan peminjaman, misalnya untuk modal usaha. Kemudian pihak koperasi akan mempertimbangkan proposal tersebut. Jika disetujui, pencairan modal dan lama pengembalian akan diatur dalam kesepakatan bersama.
Itulah beberapa manfaat koperasi simpan pinjam bagi para pelaku usaha. Pastikan Anda memilih pilihan yang tepat dan menguntungkan.
(MSD)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white