News
·
24 Maret 2021 14:16

Pengertian Gaya Magnet dan Sifat-sifatnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Pengertian Gaya Magnet dan Sifat-sifatnya (1204947)
searchPerbesar
Ilustrasi gaya magnet foto: Unsplash
Gaya terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya gaya magnet. Gaya tersebut kerap ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya seperti peniti yang menempel pada magnet.
ADVERTISEMENT
Mengutip Buku Pintar Pelajaran SD/MI 5 in 1 oleh Tim Guru Indonesia (2010:123), gaya merupakan sesuatu yang menimbulkan tarikan atau dorongan terhadap suatu benda, sehingga benda itu berubah bentuk atau berpindah tempat.
Sementara itu magnet adalah benda yang memiliki gaya tarik dan tolak. Sebuah magnet mampu menolak benda serta menarik dan mempertahankan benda untuk tetap menempel.

Pengertian Gaya Magnet

Mengutip buku Ilmu Pengetahuan Alam IPA tulisan Tim Sains Quadra (2007:2-4), gaya magnet adalah gaya yang mampu menarik bahan tertentu. Gaya magnet juga bisa diartikan sebagai gaya yang timbul akibat magnet.
Tidak semua benda bisa ditarik oleh magnet, benda yang dapat ditarik hanyalah benda magnetis. Sementara itu benda yang tidak bisa ditarik disebut benda tidak magnetis atau diamagnetik.
ADVERTISEMENT
Berikut beberapa jenis benda magnetis:
  • Ferromagnetik: benda yang ditarik kuat oleh magnet. (besi, baja)
  • Paramagnetik: benda yang ditarik lemah oleh magnet. (cobalt, platina)
  • Diamagnetik: benda yang ditolak oleh magnet. (plastik, kayu)
Pengertian Gaya Magnet dan Sifat-sifatnya (1204948)
searchPerbesar
Ilustrasi gaya magnet foto: Pixabay

Sifat Gaya Magnet

Gaya magnet memiliki beberapa sifat tertentu, antara lain sebagai berikut:
Memiliki Medan Magnet
Gaya magnet memiliki medan magnet, yakni daerah sekitar sumber magnet yang masih terpengaruh gaya magnet. Kekuatan gaya magnet pada medan magnet tidaklah sama. Semakin ke tepi medan magnet, gaya magnet semakin lemah.
Dapat Menembus Benda
Gaya magnet mampu menembus benda nonmagnetis meski terhalang oleh benda lain. Kendati demikian, pengaruh magnet akan hilang jika penghalang terlalu tebal.
Memiliki Gaya Tolak dan Gaya Tarik
Magnet terdiri dari dua kutub, yakni kutub utara dan kutub selatan. Jika kutub yang sama didekatkan, akan terjadi tolak-menolak. Di sisi lain, kutub berbeda yang didekatkan akan saling tarik-menarik.
ADVERTISEMENT
(GTT)
Apa Itu Gaya Magnet?
chevron-down
Apa Itu Magnet?
chevron-down
Contoh Gaya Magnet
chevron-down
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white