Pengertian Ilmu Hikmah dan Cara Mempelajarinya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
26 Januari 2021 15:18 WIB
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ilmu hikmah. Foto: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ilmu hikmah. Foto: pixabay
ADVERTISEMENT
Kewajiban menuntut ilmu diperuntukkan bagi setiap Muslim. Sebab, ilmu akan memudahkan segala urusan dalam kehidupan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Baik ilmu akademis maupun agama, keduanya sama-sama penting. Bahkan Rasulullah mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu. Rasulullah SAW bersabda:
طَلَبُ اْلعِلْمْ فَرِثْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
"Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim." (HR. Ibnu Majah)
Namun hendaknya dalam menuntut ilmu juga dibarengi dengan ilmu hikmah. Dengan memahami ilmu hikmah, seorang Muslim akan menjadi pribadi yang tawadhu. Apa itu ilmu hikmah? Dan bagaimana cara mempelajarinya?
Ilustrasi ilmu hikmah. Foto: pixabay

Ilmu Hikmah

Hikmah adalah pengetahuan tentang Alquran dan Hadis dengan kebaikan yang melampaui batas syariat, hingga menembus titik hakikat dan makrifat. Dengan ilmu hikmah, seseorang akan menjadi pribadi yang cerdas dan arif.
Allah memberikan hikmah-Nya kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya. Hal ini tertuang dalam Surat Al-Baqarah ayat 269.
ADVERTISEMENT
يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ
Artinya: Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).
Hendaknya setiap Muslim meperlajari ilmu hikmah. Sebab, banyak hal dalam hidup ini menjadi berantakan dan salah kaprah karena manusia kehilangan hikmah

Cara Mempelajari Ilmu Hikmah

Hanya ada satu cara untuk mempelajari ilmu hikmah, yaitu melalui transfer ilmu. Transfer ilmu yang dimaksud adalah mempelajari ilmu hikmah dari ahlinya dengan mengandalkan semua indera yang manusia punya.
ADVERTISEMENT
Cara ini yang dilakukan para sahabat terhadap Rasulullah. Ketika Rasulullah SAW menyampaikan ilmu kepada para sahabat, beliau sampaikan melalui lisan, dalam bentuk sabda atau praktik yang bisa dilihat langsung oleh para sahabat.
(MSD)