kumparan
search-gray
News19 Juni 2020 10:19

Peninggalan-peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia

Konten kiriman user
Peninggalan-peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia (77198)
Masjid Raya Baiturrahman. Foto: Wikipedia
Munculnya beberapa kerajaan Islam yang pernah berkuasa di Indonesia terbukti memberikan pengaruh yang besar terhadap penyebaran agama Islam di Tanah Air. Keberadaan mereka membuat agama Islam mampu tersebar luas hingga menjadi kepercayaan mayoritas penduduk di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Tak heran bila terdapat beberapa peninggalan sejarah dari kerajaan Islam yang pernah berdiri di Indonesia. Bahkan, peninggalannya hingga kini masih dirawat dengan baik meski sudah berlangsung berabad-abad.
Berikut ini kumpulan peninggalan sejarah kerajaan Islam yang ada di Indonesia.

Masjid Agung Demak

Peninggalan-peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia (77199)
Masjid Agung Demak. Foto: Wikipedia
Raden Patah yang merupakan raja pertama dari Kesultanan Demak sekitar tahun ke-15 Masehi berhasil mendirikan Masjid Agung Demak sebagai peninggalan kerajaannya. Masjid tersebut terletak di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah.

Batu Nisan Sultan Malik As-Saleh

Peninggalan-peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia (77200)
Batu Nisan Sultan Malik As-Saleh. Foto: jkma-aceh.org
Sebagai kerajaan Islam pertama di Indonesia, Samudera Pasai meninggalkan batu nisan Sultan Malik As-Saleh yang menjadi peninggalan sejarah kerajaannya. Malik As-Saleh ialah sultan pertama dari kerajaan Samudera Pasai pada tahun 1267 dan dikenal sebagai .
ADVERTISEMENT

Masjid Gedhe Kauman

Peninggalan-peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia (77201)
Masjid Gedhe Kauman. Foto: Wikipedia
Masjid Gedhe Kauman menjadi peninggalan kerajaan Islam yang didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I bersama dengan Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat (penghulu keraton Yogyakarta pertama) dan Kyai Wiryokusumo sebagai arsitek dari masjid ini. Masjid ini berlokasi di sebelah bagian barat kompleks Alun-alun Utara dari Keraton Yogyakarta.

Masjid Ampel

Peninggalan-peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia (77202)
Masjid Ampel. Foto: Wikipedia
Masjid Ampel merupakan bangunan yang didirikan oleh Sunan Ampel pada tahun 1421. Letaknya berada di kelurahan Ampel, kecamatan Semampir, kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.
Masjid Ampel terkesan unik karena memiliki bentuk arsitektur gabungan Tiongkok dan Arab. Masjid ini kini menjadi salah satu objek wisata religi di Surabaya.

Menara dan Masjid Agung Banten

Peninggalan-peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia (77203)
Menara dan masjid Banten. Foto: Wikipedia
Kerajaan Banten didirikan pertama kali oleh Sunan Gunung Jati dan pernah mencapai masa kejayaannya pada kepemimpinan Sultan Agung Tirtayasa. Peninggalan kerajaan ini yaitu menara dan masjid Agung Banten yang dibangun pada abad ke-16. Selain itu, kerajaan Banten juga meninggalkan keraton Surosowan.
ADVERTISEMENT

Masjid Raya Baiturrahman

Peninggalan-peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia (77204)
Lonceng Cakraadonya. Foto: Wikipedia
Masjid Raya Baiturrahman merupakan peninggalan kerajaan Aceh yang didirikan Sultan Iskandar Muda pada 1612. Masjid ini menjadi titik pusat dari segala kegiatan di Aceh Darussalam.
Namun selain masjid, kerajaan Aceh juga meninggalkan Selain masjid yang satu ini, kerajaan Aceh juga meninggalkan makam Sultan, lonceng Cakradonya dan taman Putroe Phang.

Masjid Kaitetu atau Wapauwe

Peninggalan-peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia (77205)
Masjid Kairetu atau Wapauwe. Foto: Wikipedia
Salah satu kerajaan Islam di timur Indonesia, Ternate dan Tidore juga meninggalkan masjid tua sebagai peninggalan sejarahnya. Masjid tersebut diberi nama Kairetu atau Wapauwe dan didirikan pada 1414.
(Rav)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white