Penjelasan Warna Sekunder Beserta Gambar Pencampuran Warnanya

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
10 Desember 2020 13:22
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi warna. Foto: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi warna. Foto: pixabay
ADVERTISEMENT
Warna adalah kesan yang diperoleh mata dari cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang terkena pancarannya. Warna begitu beragam karena dipengaruhi oleh panjang gelombang cahaya yang dimilikinya.
ADVERTISEMENT
Berdasakan asal-usul dan pencampurannya, warna terbagi menjadi tiga, yaitu warna primer, warna sekunder, dan warna campuran atau tersier.

Warna Sekunder

Warna sekunder adalah warna yang berasal dari pencampuran dua warna primer. Warna primer merupakan warna dasar yang terdiri dari merah, kuning, dan biru. Pencampuran dua warna primer akan menghasilkan warna baru yang disebut warna sekunder.
Contohnya, warna merah jika dicampur dengan kuning akan menghasilkan orange, kuning jika dicampur dengan biru akan menghasilkan hijau, dan biru yang dicampurkan dengan merah akan menghasilkan warna ungu.
Namun, warna sekunder tidak hanya terbatas pada tiga warna itu. Jumlahnya tak terhingga, tergantung pada takaran pencampuran warna pokoknya.
Misalnya, warna biru yang dicampur warna kuning dengan takaran 1:1 akan menghasilkan warna hijau murni. Namun, warna biru yang dicampur kuning dengan takaran 1:1.5 atau 1:1.7 dan seterusnya, tentu akan menghasilkan warna hijau yang baru. Ini alasan mengapa warna sekunder disebut tak terbatas.
ADVERTISEMENT
Untuk lebih jelasnya, simak gambar ilustrasi pencampuran warna berikut.
Penjelasan Warna Sekunder Beserta Gambar Pencampuran Warnanya (16010)
zoom-in-whitePerbesar
Penjelasan Warna Sekunder Beserta Gambar Pencampuran Warnanya (16011)
zoom-in-whitePerbesar
(MSD)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Galaxy Z Fold4 I Z Flip4 5G