News
·
14 Agustus 2020 16:01

Peran Mohammad Hatta dalam Kemerdekaan Indonesia

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Peran Mohammad Hatta dalam Kemerdekaan Indonesia (12381)
Mohammad Hatta Foto: Dok. ANP
Kemerdekaan Indonesia saat ini tak lepas dari perjuangan tokoh penting nasional, salah satunya adalah Mohammad Hatta. Seperti diketahui, Moh. Hatta merupakan sosok yang mendampingi Soekarno ketika melangsungkan upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
ADVERTISEMENT
Tak hanya menjadi pendamping, Moh. Hatta juga menjadi sosok penting yang memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Tanah Air. Tanpa jasa Bung Hatta, Indonesia tak akan bisa menjadi negara yang merdeka seperti saat ini.
Salah satu peran Moh. Hatta adalah merumuskan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia bersama dengan Soekarno dan Ahmad Soebardjo. Berikut adalah 4 peran Mohammad Hatta dalam kemerdekaan Indonesia.

Merumuskan Teks Proklamasi

Moh. Hatta memiliki peranan besar dalam persiapan kemerdekaan Indonesia. Bersama Soekarno dan Ahmad Soebardjo, pria berdarah Minang ini turut menyusun naskah proklamasi. Moh. Hatta diketahui menyumbang kalimat pertama untuk teks proklamasi. Selain merumuskan naskah, Bung Hatta juga menandatangani teks proklamasi bersama Bung Karno.
Peran Mohammad Hatta dalam Kemerdekaan Indonesia (12382)
Mohammad Hatta (Foto: Wikimedia Commons)

Mendampingi Soekarno dalam Upacara Proklamasi

Dengan pakaian serba putih, Moh. Hatta turut mendampingi Soekarno dalam upacara Proklamasi. Kala itu, para pemuda mendesak Soekarno utuk segera membacakan teks proklamasi. Namun, Soekarno menolak membacakannya jika Hatta belum hadir. Lima menit sebelum upacara, Moh. Hatta akhirnya hadir dan mengikuti upacara.
ADVERTISEMENT

Menjadi Wakil Presiden Indonesia

Setelah melangsungkan upacara proklamasi, Moh. Hatta resmi dilantik sebagai Wakil Presiden pertama di Indonesia. Saat itu, Moh. Hatta bertugas dengan Soekarno yang menjabat sebagai Presiden Indonesia.

Memperjuangkan Indonesia di Konferensi Meja Bundar

Meski telah resmi merdeka, Belanda masih enggan mengakui kedaulatan Indonesia. Belanda masih berupaya merebut Indonesia lewat agresi militer hingga perjanjian internasional. Beruntungnya, Indonesia memiliki sosok Moh. Hatta.
Berbekal tekad dan kemampuannya, Moh. Hatta berhasil mendesak Belanda dan mengambil simpatik dunia pada Konferensi Meja Bundar. Akhirnya, Indonesia pun mendapat pengakuan dari Belanda dan dunia.
(GTT)