Konten dari Pengguna

Perbedaan Nasi Mandhi, Biryani, dan Kabsah Makanan Khas Timur Tengah

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
15 November 2022 16:47 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi perbedaan nasi mandhi, biryani, dan kabsah. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perbedaan nasi mandhi, biryani, dan kabsah. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Nasi Arab identik dengan beras basmati dan penggunaan rempah yang cukup banyak. Nasi Arab adalah penyebutan sederhana untuk mewakilkan berbagai macam nasi yang berasal dari wilayah Timur Tengah, yaitu nasi mandhi, biryani, dan kabsah.
ADVERTISEMENT
Meski sama-sama berasal dari Timur Tengah, ketiga nasi tersebut memiliki perbedaan dari sisi rasa, cara pengolahan, dan warna. Ketiganya memiliki ciri khas masing-masing yang tercipta dari takaran penggunaan remah dan bumbu yang berbeda.
Tiga sajian olahan nasi basmati tersebut kerap dijumpai di restoran ala Timur Tengah. Sayangnya, sebagian masyarakat Indonesia masih kesulitan membedakan nasi mandhi, biryani, dan kabsah.

Perbedaan Nasi Mandhi, Biryani, dan Kabsah

Ilustrasi perbedaan nasi mandhi, biryani, dan kabsah. Foto: Pixabay
Berikut adalah beberapa perbedaan nasi mandhi, biryani, dan kabsah seperti yang dikutip dari kanal Youtube Cairo Food.

1. Nasi Biryani

Nasi biryani merupakan hidangan makanan favorit asal India dan Pakistan. Di negara asalnya, hidangan ini disebut dengan Biriani, Beriani, atau Biryani. Nama “Biryani” sendiri berasal dari bahasa Persia yang artinya "goreng" atau "panggang".
ADVERTISEMENT
Ada banyak macam variasi dari sajian nasi biryani di daerah. Ada jenis nasi biryani vegetarian dan ada pula nasi biryani dengan tambahan daging. Ciri khas utama dari nasi biryani adalah penggunaan banyak rempah yang membuatnya berwarna kuning atau oranye.
Ada dua teknik dalam memasak biryani, yaitu nasi yang dimasak terpisah dengan daging dan rempah, serta daging dan rempah yang dimasak secara bersama-sama. Nasi biryani memiliki sentuhan aroma bunga yang berasal dari saffron, air mawar, dan air kewra.
Rempah yang digunakan nasi biryani adalah kunyit, kapulaga, lada hitam, dan ketumbar. Namun, bumbu utama dari nasi biryani adalah garam masala untuk menyempurnakan warna dan memberikan sensasi rasa hangat.
Hidangan nasi biryani tak lepas dari tambahan sayuran, kismis, dan biji kenari. Dengan semua campuran tersebut, tak heran jika nasi biryani begitu kaya akan rasa.
ADVERTISEMENT

2. Nasi Mandhi

Ilustrasi perbedaan nasi mandhi, biryani, dan kabsah. Foto: Pixabay
Nasi mandhi berasal dari Yaman dan menjadi makanan populer di kalangan orang-orang Hadrami. Nasi mandhi sendiri sangat terkenal di negara Yaman, Oman, dan Arab Saudi.
Bahan utama yang digunakan terdiri dari rempah seperti kapulaga, cumin, kayu manis, dan lada hitam. Nasi mandhi memiliki warna yang cenderung terang, yaitu kuning dan putih, yang berasal dari rempah saffron khas Timur Tengah.
Nasi ini dimasak dengan cara tanur atau memasukkan makanan ke dalam oven tradisional berukuran besar. Namun, ada juga yang memasaknya dengan menggunakan pasir dan arang.
Banyak yang menyebut nasi mandhi sebagai nasi mentega (butter rice) karena kombinasi warna kuning dan putih. Meski demikian, ada juga nasi mandhi yang hanya berwarna kuning.
ADVERTISEMENT
Penggunaan rempah yang lebih sedikit membuat rasa nasi mandhi tidak terlalu kuat dan gurih. Kuah kaldu dari daging yang tercipta saat proses memasak akan lebih dominan.
Aroma smoky akan sangat terasa karena penggunaan teknik tanur dalam proses pembuatannya. Selain itu, nasi mandhi juga ditaburi kismis atau potongan kurma yang menambah kenikmatannya.

3. Nasi Kabsah

Ilustrasi perbedaan nasi mandhi, biryani, dan kabsah. Foto: Pixabay
Nasi kabsah didominasi warna merah yang dihasilkan dari tomat dan sedikit cabai pada bumbunya. Nasi kabsah selalu menggunakan black lime sebagai remah rahasia dari kawasan Timur Tengah.
Hidangan nasi kabsah biasa dipadukan dengan lauk daging kambing atau ayam yang dimasak dengan cara direbus, bumbu tomat dan rempah lain dari Timur Tengah yang kemudian ditiriskan. Semakin banyak saus tomat yang digunakan, maka akan semakin pekat warna merah atau oranye pada nasi tersebut.
ADVERTISEMENT
Sementara dari segi rasa, nasi kabsah mempunyai ciri khas yang cenderung gurih, aroma cengkeh yang kuat, serta rasa kismis yang memberikan kelezatan berlapis bagi penikmatnya.

Cara Membedakan Nasi Mandhi, Biryani, dan Kabsah

Ilustrasi perbedaan nasi mandhi, biryani, dan kabsah. Foto: Pixabay
Untuk membedakan ketiga jenis nasi Arab tersebut, Anda dapat mengamati masing-masing warnanya. Nasi biryani memiliki warna kuning, nasi mandhi berwarna kuning dan putih, dan nasi kabsah berwarna merah.
Sementara perbedaan paling kentara terletak pada kuatnya rasa rempah yang disajikan. Urutan rasa nasi dari yang paling kuat hingga yang paling ringan adalah:
(ANS)