Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Biasa, dari Logo hingga Fiturnya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
15 November 2022 17:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp biasa. Foto: Jofie Yordan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp biasa. Foto: Jofie Yordan/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Seiring dengan perkembangannya, WhatsApp tidak hanya digunakan sebagai media untuk berkomunikasi. Pada tahun 2018, WhatsApp resmi meluncurkan WhatsApp Business atau WhatsApp Bisnis yang bisa dijadikan sebagai platform berbisnis.
ADVERTISEMENT
Menurut informasi dari laman resminya, kehadiran WhatsApp Bisnis bertujuan untuk memfasilitasi pebisnis yang ingin mempromosikan produknya. Aplikasi ini juga dapat mempermudah interaksi dengan pelanggan melalui beragam fitur yang dihadirkan.
Sama seperti WhatsApp pribadi, WhatsApp Bisnis dapat dioperasikan lewat smartphone maupun website. Lalu, apa saja perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp biasa? Untuk mengetahuinya, simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Biasa

Ilustrasi berbalas pesan di whatsapp. Foto: Shutterstock
Dari luar, perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp biasa tampak pada logonya. WhatsApp biasa memiliki logo berupa ikon telepon yang mencerminkan kegunaan aplikasi tersebut, yaitu sebagai media komunikasi. Berbeda dengan WhatsApp biasa, tampilan logo WhatsApp Bisnis berlatar belakang hijau dengan menggunakan huruf kapital “B”.

2. Profil Pengguna

Profil pengguna di aplikasi WhatsApp Bisnis dan WhatsApp biasa disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. Mengutip laman verloop.io, profil pengguna WhatsApp Bisnis menampilkan informasi lengkap mengenai bisnis yang dipromosikan, seperti logo, link website, katalog produk, dan jam kerja.
ADVERTISEMENT
Sedangkan, karena bersifat pribadi, bagian profil pengguna WhatsApp biasa hanya berisi informasi personal seperti nama, status, foto profil, dan nomor telepon.

3. Fitur

Ilustrasi WhatsApp. Foto: Unsplash
Sebagai aplikasi pesan instan, WhatsApp biasa memiliki beragam fitur yang memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi via teks, foto, audio, juga video. Ini berbeda dengan fitur WhatsApp Bisnis yang lebih lengkap. Beberapa fitur WhatsApp Bisnis antara lain:
ADVERTISEMENT
(ADS)