Tekno & Sains
·
20 November 2020 14:47

Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia, Apa Bedanya?

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia, Apa Bedanya? (49864)
Manusia bertumbuh dan berkembang selama hidup
Setiap manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan baik saat di dalam kandungan maupun setelah kelahiran. Pertumbuhan dan perkembangan manusia berjalan menurut pola-pola tertentu. Apalagi pertumbuhan dan perkembangan merupakan fase yang cukup vital ketika dialami seorang anak. Maka dari itu, orangtua perlu mengawasi fase tumbuh dan kembang anak.
ADVERTISEMENT
Meski banyak yang menyebut keduanya sama, sebenarnya pertumbuhan dan perkembangan yang dialami manusia memiliki perbedaan. Baik dari pengertiannya maupun faktor yang memengaruhinya.

Apa Bedanya Pertumbuhan dan Perkembangan?

Berdasarkan pengertiannya, pertumbuhan adalah proses bertambahnya tinggi, maupun berat tubuh pada makhluk hidup yang bisa dihitung dengan satuan angka. Contohnya tubuh yang akan bertambah tinggi dari saat kita masih bayi, hingga nanti menginjak dewasa.
Seiring dengan pertambahan tinggi badan, bobot tubuh seseorang juga akan ikut bertambah. Ini artinya, pertumbuhan adalah sesuatu yang bisa terlihat langsung dengan mata.
Sementara,pengertian dari perkembangan sendiri ialah sesuatu yang tidak bisa langsung dilihat dengan mata, atau tidak terlihat. Sebab, perkembangan adalah proses menuju kedewasaan dan tidak bisa dihitung menggunakan satuan angka. Perkembangan terjadi pada kemampuan berpikir, hingga kematangan emosional seseorang.
Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia, Apa Bedanya? (49865)
Tumbuh Kembang Anak sangat menjadi perhatian

Faktor yang Memengaruhi Perkembangan dan Pertumbuhan

Faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada seseorang juga bermacam-macam. Pertumbuhan dipengaruhi oleh asupan gizi, latihan atau olahraga yang dilakukan, hingga gen yang diwarisi dari orang tuanya.
ADVERTISEMENT
Perkembangan sebenarnya juga dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal dalam tubuh manusia, namun dalam bentuk yang berbeda.
Faktor eksternal yang bisa memengaruhi perkembangan misalnya adalah pengalaman, lingkungan sekitar, sampai proses belajar yang dilakukan. Sedangkan faktor internalnya adalah gen dan hormon yang memengaruhi perkembangan emosional.
Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia, Apa Bedanya? (49866)

Proses Berlangsungnya Pertumbuhan dan Perkembangan

Jika pertumbuhan akan berhenti saat seseorang sudah dewasa, perkembangan akan terus terjadi sepanjang hidup seseorang. Pertumbuhan terjadi sejak seseorang masih di dalam kandungan atau menjadi janin.
Bermula dari janin, nantinya seseorang akan lahir sebagai bayi, lalu tumbuh menjadi anak-anak, remaja, kemudian dewasa. Proses pertumbuhan ini akan terhenti saat seseorang sudah dewasa.
Berbeda halnya dengan perkembangan, yang terjadi pada emosional maupun cara pikir seseorang. Hal ini akan berlangsung sepanjang hidup seseorang.
ADVERTISEMENT
Artinya, setiap orang bisa mengalami perubahan pola pikir maupun pendapat meskipun ia sudah berusia tua. Ini sebabnya, perkembangan disebut terjadi pada setiap fase kehidupan seseorang.
(VIO)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white