News
·
26 Februari 2021 11:47

Profil Gibran Rakabuming yang Resmi Jadi Wali Kota Solo

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Profil Gibran Rakabuming yang Resmi Jadi Wali Kota Solo (186783)
Gibran Rakabuming Foto: kumparan
Gibran Rakabuming resmi dilantik sebagai Wali Kota Solo pada hari ini, Jumat (26/2). Putra Presiden Jokowi ini akan bertugas sebagai Wali Kota Solo bersama wakilnya, Teguh Prakosa.
ADVERTISEMENT
Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa menjalani pelantikan secara daring di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solo. Keduanya dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama 16 kepala daerah di Jawa Tengah.
Pengambilan sumpah jabatan Gibran dan Teguh dilakukan sesuai ajaran agama Islam. Sumpah tersebut dipandu oleh Ganjar Pranowo.
"Dengan ini saya melantik Bupati atau Wali Kota. Saya percaya saudara saudari akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai tanggung jawab yang diberikan," ucap Ganjar Pranowo.
Di luar karier politiknya, Gibran Rakabuming dikenal publik sebagai seorang pengusaha Tanah Air. Ini memiliki beberapa bisnis kuliner, salah satunya adalah Markobar. Gibran juga menjadi putra pertama dari Presiden Jokowi.
Untuk mengenal Gibran Rakabuming lebih dekat, simak profilnya di bawah ini.
ADVERTISEMENT

Profil Gibran Rakabuming

Profil Gibran Rakabuming yang Resmi Jadi Wali Kota Solo (186784)
Gibran Rakabuming Foto: kumparan
Gibran Rakabuming lahir pada 1 Oktober 1987 di Surakarta. Ia adalah putra dari pasangan Presiden Joko Widodo dan Iriana. Gibran juga menjadi kakak dari Kaesang Pangarep dan Kahiyang Ayu.
Gibran Rakabuming menghabiskan masa kecilnya di Kota Solo. Namun, ia pindah ke Singapura dan melanjutkan pendidikan SMA di Orchid Park Secondary School.
Pada 2007, pria yang akrab disapa Gibran itu berhasil menyelesaikan pendidikan di Management Development Institute of Singapore (MDIS). Kemudian, ia melanjutkan studi ke program Inserach di University of Technology Sydney (UTS Insearch), Australia.
Setelah lulus pada 2010, Gibran Rakabuming menjabat sebagai Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo. Lalu pada 2018, pria berusia 33 tahun itu mendirikan Kerjaholic bersama Leonard Hidayat, Josh Ching, Michael, dan Daniel Hidayat.
ADVERTISEMENT
Kerjaholic sendiri merupakan sebuah aplikasi pencari pekerja lepas dan paruh waktu. Aplikasi ini mampu menghubungkan pencari kerja dengan pihak-pihak yang tengah mencari karyawan.
Sebelum mendirikan Kerjaholic, Gibran telah membangun bisnis kuliner bernama Chili Pari. Bisnis berbasis di Kota Solo tersebut menyajikan jasa one-stop wedding solution.
Tidak hanya Chili Pari, Gibran juga mendirikan usaha kuliner lain seperti Markobar, Pasta Buntel, Goola, Mangkok Ku, Kempripik, Ngedrink, hingga Madhang Indonesia.
Pada 2020, Gibran mendaftarkan diri sebagai calon Wali Kota Solo. Hari ini, dirinya pun resmi dilantik sebagai Wali Kota Solo bersama Teguh Prakosa sebagai Wakil Wali Kota Solo.
Terkait kehidupan pribadi, Gibran Rakabuming menikah dengan Selvi Ananda. Dari pernikahannya, mereka telah dikaruniai dua orang anak, yaitu Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.
ADVERTISEMENT
(GTT)