Tekno & Sains
·
22 Juli 2021 8:30
·
waktu baca 2 menit

Proses Pencernaan Makanan pada Manusia yang Sangat Kompleks

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Proses Pencernaan Makanan pada Manusia yang Sangat Kompleks (39625)
searchPerbesar
Ilustrasi organ pencernaan makanan pada manusia. Sumber: Freepik.com
Manusia memiliki sistem pencernaan yang sangat kompleks. Proses pencernaan makanan pada manusia melewati beberapa tahapan.
ADVERTISEMENT
Tahapan tersebut berjalan secara berurutan agar makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat diolah dengan baik dan membantu manusia agar tetap hidup. Kandungan zat dalam makanan memiliki tugas masing-masing dalam tubuh manusia, salah satunya menghasilkan energi.
Energi tersebut dapat diperoleh dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Energi inilah yang akan membantu manusia dalam melakukan kegiatannya sehari-hari. Jika kekurangan makanan, manusia bisa saja minim energi dan lemas.
Tugas zat makanan lainnya adalah sebagai berikut:
  • Pembangun dan pengatur kelancaran proses organ dalam tubuh.
  • Mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
  • Mendukung pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh yang telah rusak atau tua.
  • Mendukung pengaturan metabolisme tubuh.
  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh.
  • Memberi pertahanan pada tubuh dari penyakit.

Proses Pencernaan Makanan pada Manusia

Terdapat dua jenis proses pencernaan makanan pada manusia yakni secara mekanik dan kimiawi. Kedua proses ini saling membantu satu sama lain, agar makanan yang masuk bisa diolah dengan sempurna. Jika ada salah satu bagian yang tidak berfungsi dengan baik, proses olahan makanan tidak akan maksimal.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Biologi kelas XI oleh Icih Tresnaaseh, M.Pd., proses pencernaan mekanik adalah proses pertama setelah makanan masuk ke tubuh manusia. Ukuran makanan yang lumayan besar akan diubah menjadi lebih kecil dan halus dalam proses ini. Biasanya, proses mekanik dilakukan oleh gigi ketika makanan ada di mulut.
Kemudian, dilanjutkan ke proses pencernaan secara kimiawi atau enzimatis. Makanan yang telah terpotong kecil dan halus ini masih mengandung zat-zat yang kompleks. Pada proses kimiawi, zat-zat tersebut akan diubah dari yang kompleks menjadi lebih sederhana agar tubuh mudah meletakkan zat sesuai tempatnya.
Dalam proses kimiawi, proses mengolah makanan dibantu oleh enzim yaitu zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh dan berfungsi mempercepat reaksi kimia tersebut.
Proses Pencernaan Makanan pada Manusia yang Sangat Kompleks (39626)
searchPerbesar
Ilustrasi organ pencernaan makanan pada manusia. Sumber: Freepik.com

Alat pencernaan

Alat pencernaan manusia dibedakan menjadi dua, yakni saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Bagaikan terowongan, saluran pencernaan adalah jalan masuk zat-zat makanan ke dalam tubuh manusia.
ADVERTISEMENT
Mulai dari masuknya makanan hingga keluarnya zat sisa, saluran pencernaan berperan aktif dalam proses tersebut. Organ yang termasuk dalam saluran pencernaan adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.
Sedangkan Kelenjar pencernaan berperan menghasilkan berbagai enzim pencernaan. Kelenjar pencernaan terdiri dari kelenjar ludah (Saliva), pankreas, dan hati. Mereka menghasilkan enzim/getah pencernaan sehingga zat makanan akan lebih mudah diserap oleh tubuh.
Fungsi sistem pencernaan adalah menerima dan mencerna makanan. Setelah dicerna, nutrisi tersebut diserap dan disalurkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Sistem pencernaan juga berfungsi memisahkan dan membuang sisa makanan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh.
(ULY)