Woman
·
28 April 2020 11:13

Puasa Ramadhan Meski Belum Mandi Wajib, Sah atau Tidak?

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Puasa Ramadhan Meski Belum Mandi Wajib, Sah atau Tidak? (356437)
Ilustrasi laki-laki mandi junub. foto: Pixabay
Di bulan Ramadan, seluruh umat Islam diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. Ada beberapa syarat sah puasa yang harus dipenuhi agar ibadah puasa sah dan diterima oleh Allah SWT.
ADVERTISEMENT
Masih banyak hal yang menjadi pertanyaan sebagian orang tentang sah atau tidaknya puasa. Salah satunya pertanyaan yang sering muncul adalah sah atau tidak berpuasa meski belum mandi wajib?
Ada berbagai kondisi di mana seseorang masih dalam keadaan junub dan tidak tahu apakah harus tetap puasa atau tidak. Karena itu, kebanyakan orang memilih untuk tidak berpuasa karena tidak tahu hukum berpuasa meski belum mandi wajib.
Orang yang berpuasa namun belum melakukan mandi junub tetap sah puasanya. Itu karena syarat sah puasa tidak seperti shalat atau tawaf yang mengharuskan seseorang suci dari hadas.
Seseorang yang belum mandi wajib dan sudah memasuki waktu subuh, ia tetap boleh berpuasa. Namun, hendaknya orang tersebut disarankan untuk segera mandi wajib agar bisa shalat subuh.
ADVERTISEMENT
Hal ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Turmudzi. "Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki waktu subuh, sementara beliau sedang junub karena berhubungan dengan istrinya. Kemudian, beliau mandi dan berpuasa." (HR. Bukhari 1926 dan Turmudzi 779).
(KA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white